4 Months, 1 Week ago

Telaga-Telaga Cantik di Sekitar Dieng

Sobat Akato yang berkesempatan mengunjungi Dieng Culture Festival hari ini, pastinya akan sangat sayang jika melewatkan destinasi-destinasi menarik lainnya yang berada di kawasan tersebut.

Kali ini Akato ingin sedikit berbagi informasi mengenai beberapa telaga yang cantik yang bisa kamu kunjungi sembari mengunjungi kawasan Dieng. Telaga-telaga ini memiliki keindahan yang luar biasa dan pastinya menarik untuk dijadikan objek foto kamu.

Telaga Cebong

Telaga Cebong
Sumber: satu-indonesia.com

Sesuai namanya, cebong berarti anak katak atau berudu dalam bahasa Jawa. Telaga Cebong berlokasi berada di bawah Bukit Sikunir.

Uniknya, di tempat ini justru tidak ditemukan banyak cebong atau anak katak. Di sini tersimpan pemandangan yang indah dan mempesona. Saat pagi hari, telaga ini warnanya terlihat mengkilap dan menjadi momen yang tepat untuk mengunjungi telaga ini. Jika kamu mengunjungi tempat ini, jangan lupa sekalian melihat sunrise atau matahari terbit dari Bukit Sikunir.

Telaga Warna

Telaga Warna
Sumber: dakatour.com

Sesuai namanya, telaga ini disebut Telaga Warna karena memiliki keunikan tersendiri. Telaga ini mampu menampilkan warna-warna yang sangat indah dipandang. Warna yang muncul akan berubah-ubah dari hijau, kuning dan biru. Warna-warna yang muncul dari Telaga Warna ini dipengaruhi cuaca, waktu dan tempat untuk melihatnya.

Menurut legenda setempat, di jaman dahulu terdapat cincin milik seorang bangsawan yang terjatuh ke dasar telaga.  Warna dari cincin itu memendar dan membuat telaga ini menjadi berwarna-warni.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon
Sumber: flickr.com

Telaga Pengilon terletak tidak jauh dari Telaga Warna. Dinamakan Pengilon karena warna air di sini jernih, sehingga orang-orang bisa bercermin (ngilo) sehingga danau ini kemudian dinamakan pengilon.

Menurut legenda rakyat, siapapun yang melihat dirinya cantik atau tampan ketika memandang dirinya di telaga maka berarti orang tersebut berhati baik.

Telaga Menjer

Telaga Menjer
Sumber: bisnisbandung.com

Telaga Menjer merupakan telaga yang ada di dekat kawasan Dieng yang berlokasi di ketinggian 1,300 meter di atas permukaan laut.

Telaga ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menawarkan pemandangan yang cantik. Tak hanya memandangi indah danau, di danau ini wisatawan bisa pula menikmati keindahan danau dengan naik perahu.

Telaga Merdada

Telaga Merdada
Sumber: jalanjalanenak.com

Telaga Merdada merupakan sumber air bagi sawah-sawah masyarakat sekitarnya. Telaga ini tidak memiliki sumber air sendiri dan mengandalkan air hujan sebagai sumber airnya, sehingga telaga ini akan mengering di musim kemarau.

Pengunjung bisa menghabiskan waktu mereka dengan menyewa perahu untuk mengelilingi telaga sambil menikmati kecantikan alam Dieng. Selain itu kamu juga bisa menghabiskan waktu bersantai sambil memancing di Telaga Merdada ini.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!