Taman Bermain 'Berhantu' di Bali, Berani ke Sini?

Akato  1 Tahun, 5 Bulan yang lalu 4,000

Taman Festival

Anda suka berpetualang? Di pantai timur Bali terletak sebuah taman hiburan yang sudah lama ditinggalkan. Seperti layaknya pemandangan di film Jurassic World, taman ini dipenuhi bangunan-bangunan yang sudah rusak, patung-patung yang terbungkus tanaman merambat dan juga rawa-rawa yang dulunya dihuni oleh kawanan buaya.

Bali merupakan salah satu destinasi utama para turis di seluruh dunia. Keindahan pantai dan keramahan penduduknya merupakan daya tarik utama pulau dewata tersebut. Namun tahukah Anda ada sisi lain dari hingar bingar Bali yang seringkali terlupakan oleh para turis?

Bali memiliki cukup banyak situs yang terbengkalai. Taman Festival merupakan salah satu diantaranya. Dikatakan sekitar dua dekade yang lalu, pemerintah Indonesia mulai membangun taman hiburan, yang direncanakan untuk menjadi tempat wisata baru di pantai Sanur, Bali timur.

Dibutuhkan $100 juta untuk membangun taman bermain ini. Dikatakana taman ini memiliki kolam renang terbesar di Bali, roller coaster terbalik, bioskop 3D, dan pertunjukan laser yang mengasyikkan. Namun entah kenapa, taman bermain ini tidak pernah aktif beroperasi. Beberapa teori beredar mengenai hal ini, yang pertama adalah karena kesulitan keuangan. Yang kedua adanya perselisihan mengenai penggunaan dan ijin lahan, dan yang ketiga lebih bersifat mistis, yakni karena pada hari Jumat tanggal 13 Maret 1998 petir menyambar taman bermain ini dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Namun apa pun alasannya, taman ditutup dan ditinggalkan sejak saat itu.



Menurut legenda Bali, tempat yang ditinggalkan akan ditempati oleh roh penasaran dan kini Taman Festival dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu di Bali, dan mengundang roh penasaran dari seluruh pulau.

Penduduk setempat tidak berani masuk ke sana dan menjulukinya sebagai 'kota hantu', menjadikannya lokasi yang menarik bagi backpacker pemberani yang ingin menjelajah, atau fotografer yang ingin mencari beberapa spot bertemakan misteri.

Taman Festival

Taman Festival

Taman Festival adalah tempat untuk menguji keberanian Anda. Tempat ini dipenuhi oleh tanaman merambat yang menjalar, jendela-jendela yang pecah dan bangunan-bangunan yang tertutup oleh grafiti. Anda akan menemukan bioskop tua dengan pita film berserakan di tanah; sisa-sisa lubang buaya dan pekikan kelelawar di tempat ini.

Ada desas-desus bahwa ada buaya di taman ini dan mereka diberi makan ayam oleh petani lokal. Hingga pada akhirnya para petani berhenti memberi makan dan buaya-buaya di sana saling memakan satu sama lain. Dikatakan seekor buaya yang tersisa mulai memangsa manusia.

Taman Festival

Taman Festival

Bioskop 3D yang terbengkalai juga memiliki nuansa gaib yang luar biasa. Kaca yang hancur, gulungan film dan puing-puing berserakan di tanah dan juga kegelapan di sana membuat Anda tidak ingin menjelajahinya terlalu jauh.

Jika Anda mencari pengalaman unik dan menegangkan di Bali, maka Akato merekomendasikan untuk berkunjung ke Taman Festival. Tempat ini tidak memiliki rencana untuk direnovasi, jadi Anda masih memiliki waktu untuk mendapatkan pengalaman baru di sini.

Tags:


Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!