Sunmor, Miniatur Kecil Yogyakarta di Hari Minggu

Brisik.id  7 Bulan, 2 Minggu yang lalu 283

Sunmor
Foto: paketwisatadjogja.com

Sebagai hari yang identik dengan hari libur, Minggu kerap kali dijadikan sebagai waktu yang pas untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Selain memilih beristirahat di rumah, mencari hiburan di luar rumah juga layak menjadi pilihan.

Salah satu pilihan aktivitas luar rumah adalah berwisata belanja. Menjadi kota yang terkenal dengan daya tarik uniknya, Yogyakarta pun tidak melewatkan diri. Yogyakarta seperti punya keahlian dalam menyulap hal-hal sederhana menjadi sesuatu menarik. Sunmor merupakan salah satu contoh yang merepresentasikan keahlian itu. Contoh tersebut merujuk pada tajuk dari sebuah pasar periodik yang digelar setiap hari Minggu.

Pasar ini menjadi pilihan yang sudah sangat akrab bagi warga Yogyakarta. Ketika Sunmor memulai jadwal mingguannya, kawasan Malioboro yang menjadi kiblat utama destinasi wisata belanja di Yogyakarta pun boleh jadi merasa tersaingi.

Sunmor
Foto: kompas.com

Kata “Sunmor” sendiri merupakan singkatan dari sebutan “Sunday Morning”. Senada dengan namanya yang berarti Minggu Pagi, pasar ini pun rutin diadakan setiap Minggu. Pukul 5 pagi adalah awal dimulainya sebelum dijadwalkan berakhir pada 12 siang. Menikmati akhir pekan di Sunmor bisa dibilang sebagai pilihan favorit, tidak hanya bagi warga Yogyakarta saja. Wisatawan domestik hingga pelancong mancanegara bahkan tidak jarang untuk merasa harus mencoba masuk ke dalam suasana.

Banyak hal bisa dilakukan dan ditemukan di lokasi. Ada beragam fasilitas tersedia untuk semua itu. Mulai dari sekadar berjalan-jalan, berolahraga, menyaksikan atraksi seni, berburu kuliner, sampai berbelanja.
Tak heran jika kawasan Sunmor yang berada di kompleks kampus Universitas Gadjah Mada ini selalu dipadati pengunjung. Kendati diisi ratusan pedagang kaki lima, Sunmor sendiri sudah diatur sedemikian rupa agar gelarannya berjalan tertib.

Uniknya lagi, sejumlah pedagang yang membuka lapaknya juga datang dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Tidak berlebihan jika kehadiran Sunmor disebut sebagai salah satu miniatur kecil yang terselip di tengah hiruk-pikuk kota Yogyakarta di hari-hari biasa. Seluruh lapisan masyarakat membaur dalam keramaian yang ditampilkan. Sunmor seakan menjadi salah satu ‘obat sederhana’ bagi warga untuk menikmati akhir pekan. Karena keramaian yang membuat pengunjung berdesak-desakan, ada baiknya untuk datang di awal-awal waktunya Sunmor dibuka.

Memang, berbicara tentang kota Yogyakarta tidak akan berhenti di satu perkara saja. Sebuah miniatur kecil Indonesia yang selalu ingin mencoba menyediakan banyak hal sekaligus. Keindahan alam, wisata kota, kepekatan sejarah, serta basis seni, Yogyakarta cukup ‘rakus’ menampilkannya. Sunmor pantas dipandang sebagai salah satu miniatur surga belanja. Sebuah toserba yang secara lembut, selalu berusaha untuk tidak membuat kita bingung menyaksikan hari Minggu yang terasa singkat.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!