6 Months, 4 Weeks ago

Situs Warungboto, Pesona Lain Sejarah Keraton Yogyakarta

Warung Boto

Saat ini lokasi wisata sejarah sudah lumrah dijadikan area untuk berfoto ria oleh kaum milenial. Bangunan tua yang ciamik, cantik dan mengandung banyak cerita sejarah memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satu tempat sejarah yang sempat viral di media sosial adalah Situs Warungboto, terletak di jalan Veteran, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Situs ini sebenarnya merupakan sebuah pesanggrahan tempat istirahat para keluarga kerajaan yang dilengkapi dengan taman, kolam, segaran dan kebun.

Menurut Pengageng Keraton Yogyakarta KRT Jatiningrat, situs ini mulai dibangun saat masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, kemudian diteruskan saat masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Warung Boto Sebelum Direnovasi

Sebelumnya situs ini hanya berupa reruntuhan dan puing bangunan yang sudah tidak terawat. Namun kini setelah direnovasi pada tahun 2016 oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, bangunan ini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Pesanggrahan dibangun di sisi barat dan timur sungai Gajah Wong dan membujur dari arah barat ke timur. Kompleks pesanggrahan terdiri dari pagar keliling dan bangunan pesanggrahan.



Bangunan di sisi barat merupakan kompleks bangunan kamar dengan halaman teras dan kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air (umbul).

Kolam pertama berbentuk lingkaran dengan diameter 4,5 meter dan dibagian tengahnya terdapat pancuran air atau umbul. Sedangkan di kolam kedua bebentuk bujur sangkar dengan ukuran 10 meter x 4 meter. Kedua kolam itu saling berhubungan.

Warung Boto

Pesanggrahan ini juga memiliki struktur bangunan yang unik karena memiliki lorong-lorong, pintu dan jendela dengan aksen melengkung di sebagian atasnya. Tentu tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Oh iya, tahukah Sobat Akato bahwa tempat ini pernah dijadikan spot foto pre-wedding oleh putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution.

Warung Boto

Warung Boto

Bila ada rencana berwisata ke situs Warungboto, traveler harus mematuhi semua peraturan yang ada di sana. Misalnya dilarang memanjat bangunan situs, menjaga kebersihan, dan dilarang mencoret-coret bangunan situs. Karena menjaga warisan sejarah adalah tanggung jawab kita semua.

Saat ini untuk masuk ke situs Warungboto belum dikenakan biaya, hanya ada biaya parkir kendaraan saja.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!