4 Months, 6 Days ago

Sate Mak Syukur di Kota Padang Panjang

Sate Mak Syukur
Sumber gambar: link

Jika berkunjung ke Padang Panjang, lengkapi pengalaman kuliner mu dengan mencicipi salah satu  makanan khas di sana, yakni sate padang Mak Syukur (SMS). Sate padang ini disebut-sebut yang paling enak dan melegenda di kalangan traveler.

Nama Sate Mak Syukur di Padang Panjang tentu sudah tidak asing, apalagi bagi para penikmat kuliner. Sate Mak Syukur seolah menjadi santapan wajib saat berkunjung ke Sumatera Barat.

Sate Mak Syukur
Sumber gambar: link

Sate Mak Syukur
Sumber gambar: link

Kenikmatan sate warisan turun-temurun dari Mak Syukur ini sudah dijajakan sejak tahun 1941. Dulu pertama kalinya sate ini dibuka oleh almarhum Mak Syukur, sebutan untuk Sutan Rajo Endah. Kata ”Mak” dalam bahasa Minang merupakan akronim dari mamak yang berarti panggilan untuk laki-laki dewasa.

Pada awal usahanya Mak Syukur menjajakan satenya dengan memikul sambil berkeliling di sekitar kota Padang Panjang. Seiring berjalannya waktu, sate Mak Sykur berhasil memiliki banyak pelanggan yang menyukai satenya.
Cita rasa SMS memang diakui lamak bana (sangat enak). Hingga akhirnya mamak Syukur memutuskan untuk menetap dan berhasil membuka restoran untuk menjual satenya. Namun kini usaha SMS sudah dilanjutkan oleh generasi kedua yaitu Safril Syukur.



Sama seperti sate padang pada umumnya, setiap tusuk sate terdiri dari campuran daging, usus, jantung dan lidah sapi. Yang membuat beda adalah kuah sate padang mak syukur cenderung berwarna kuning dan tidak merah seperti sate padang pada umumnya. Kuah yang dibuat dengan aneka rempah diolah sedemikian rupa hingga rasanya begitu memanjakan lidah.

Makan sate padang akan terasa lebih nikmat dengan ditambahkan ketupek atau ketupat lengkap dengan kerupuk jangek alias kerupuk dari kulit sapi atau kulit kerbau. Bagi yang hanya mau makan sate daging tanpa campuran jeroan, bisa memesan sate daging saja secara terpisah. Namun harga per tusuknya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sate isi campur.  Sate Mak Syukur dibanderol harga Rp 25 ribu per porsinya. Sedangkan untuk sate khusus daging dikenakan harga Rp 2.700 per tusuknya.

Sate Mak Syukur
Sumber gambar: link

Sate Mak Syukur
Sumber gambar: link

Pada hari biasa, keramaian pun tampak di rumah makan Sate Mak Syukur. Namun pada saat wekeend atau akhir pekan, pengunjung yang datang lebih banyak lagi dari hari biasa. Menurut salah satu staf yang bekerja di Sate Mak Syukur, pada hari biasa Sate Mak Sykur bisa menjual hingga 50 kilogram daging sapi.

Kalau tengah liburan ke Padang Panjang dan ingin mampir, Sate Mak Syukur dapat ditemui di Jalan Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah atau Jalan Mohammad Syafei No 63, Pasar Baru. Keduanya sama-sama berada di kota Padang Panjang, sebuah kota yang terletak di perlintasan antara Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat. Sate Mak Syukur buka setiap hari dari pukul 07.15 hingga 17.00 WIB.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!