Akato  9 Months, 2 Weeks ago

Sate Kere Makanan Wong Kere?

Sate Kere
Sumber gambar: link

Pernah dengar sebuah ikon kuliner yang terkenal dari kota Solo, yakni sate kere? Makanan yang tampak sederhana ini ternyata menggunakan tempe gembus sebagai bahan utama pembuatannya. Namun siapa sangka, meski sederhana ternyata sate kere memiliki rasa yang tidak boleh diremehkan. Bahkan ternyata sate kere ini menjadi salah satu makanan kesukaan dari keluarga Presiden Joko Widodo lho.

Menurut cerita awal mula lahirnya sate kere adalah karena dulunya sate daging dianggap makanan mewah yang hanya disantap kalangan menengah ke atas karena harganya yang mahal. Hingga pada akhirnya masyarakat miskin atau 'kere' membuat versi sate lain dengan menggunakan tempe atau jeroan yang tentunya dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Sate Kere
Sumber gambar: link

Sate kere ini terbuat dari ampas sisa pembuatan tempe. Setelah direndam dalam bumbu baceman dan dibakar di atas bara api, sate kere disajikan dengan disiram bumbu sambal kacang yang rasanya manis pedas, serta irisan bawang merah dan cabai.

Sate dengan tekstur yang lembut dan bumbu yang terasa menyerap sempurna ini dapat dinikmati bersama lontong atau nasi.



Salah satu penjual sate kere yang terkenal bagi pemburu kuliner di kota Solo adalah sate kere Yu Rebi. Warung ini menjual sate kere sejak tahun 1986.

Selain menyediakan hidangan sate kere, warung ini juga menyediakan sate jeroan dan sate daging sapi.
Biasanya untuk satu porsi hidangan berisi 10 tusuk sate. Campuran sate kere dan sate sapi dihargai sekitar Rp 35.000 sedangkan untuk sate kere tanpa daging harganya hanya sekitar Rp 15.000 saja.

Sate Kere
Sumber gambar: link

Jika Sobat Akato penasaran ingin mencicipi Sate Kere Yu Rebi, bisa berkunjung ke Jl. Kebangkitan Nasional Kios 1-2, Teposanan (belakang Stadion Sriwedari), Solo, Jawa Tengah.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!