Pulau Abang, Pesona Wisata Alam Tersembunyi yang Indah di Batam

Akato  1 Year, 1 Month ago 5,085

Pulau Abang
Sumber gambar: Instagram @wisatapulauabang



Apa yang ada dalam benak ketika mendengar kata Batam? Pasti langsung kepikiran dengan kesibukan kota industri yang berbatasan dengan Negara Singapura. Namun lebih dari itu, Batam ternyata menyimpan banyak pesona wisata alam yang tersembunyi nan indah. Apa itu?

Inilah Pulau Abang yang berlokasi dii kecamatan Galang, Kota Batam. Meskipun ukurannya tak begitu besar, yakni hanya 10 kilometer persegi, namun Pulau Abang dikenal memiliki perairan jernih. Lautan birunya begitu indah dan memikat banyak traveler.

Pulau Abang juga ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan konservasi perairan Kota Batam. Hal ini dikarenakan pulau ini menawarkan wisata bahari yang mempesona. Bahkan pesona yang disajikan sangat layak disandingkan dengan Bunaken di daerah Manado atau Raja Ampat, Papua.

Pulau Abang
Sumber gambar: Instagram @wisatapulauabang

Panorama alamnya begitu indah, traveler pun dipastikan terpukau saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini. Selain pantai pasir putih, Pulau Abang juga menawarkan spot snorkeling yang boleh puas dinikmati. Jangan kaget saat menyelam ke dalam laut, karena akan disambut dengan beragam jenis ikan yang berenang mengelilingi tubuh.

Beragam jenis ikan warna-warni seperti ikan badut atau clown fish mudah dijumpai di tempat ini. Tak hanya itu, keindahan bawah lautnya juga dihiasi oleh terumbu karang dengan warna-warni memukau.  

Air laut yang begitu jernih bisa bikin traveler betah berlama-lama untuk snorkeling. Jika belum puas menjelajah satu spot, traveler juag bisa memilih spot-spot lain untuk snorkeling yang tentu saja menarik untuk ditelusuri.

Pulau Abang
Sumber gambar: Instagram @wisatapulauabang

Bukan saja keindahan pantai dan lautnya yang memukau, Pulau Abang juga menyimpan kisah menarik yang dapat ditelusuri oleh traveler. Salah satunya adalah kisah tentang perjuangan Raja Tek dan Raja Teleng yang merupakan anak-anak dari raja Kerajaan Penyengat. Kabarnya, kerajaan tersebut menjadi pondasi awal kehidupan di Pulau Abang ini.

Untuk menikmati keindahan Pulau Abang, traveler harus melakukan perjalanan dari Pulau Batam sekitar 2 jam menuju jembatan 6. Setelah sampai di jembatan 6, terdapat pelabuhan kecil dengan kapal-kapal ukuran cilik yang siap mengangkut para traveler ke Pulau Abang. Di sini juga disediakan rumah penduduk yang bisa dijadikan sebagai tempat menaruh barang bawaan.

Pulau Abang
Sumber gambar: link

Paket wisata yang ditawarkan di pulau ini biasanya dikenakan biaya mulai dari Rp 350 ribu per orang. Harga tersebut sudah mencakup perjalanan pergi pulang pulau Batam, makan siang, snack dan snorkeling tentu saja.

Tertarik untuk berkunjung Sobat Akato?

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!