7 Months, 2 Weeks ago

Pianemo, Ikon Raja Ampat yang Mempesona

Pianemo

Tahukah Sobat Akato bahwa sebenarnya Raja Ampat adalah nama kabupaten di Papua Barat yang memiliki ribuan pulau. Salah satu gugusan pulau kecil yang menjadi ikonik di Raja Ampat adalah Pianemo. Atau masyarakat sekitar ada juga yang menuliskannya 'Piaynemo'.

Pianemo adalah pulau di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
Pianemo sendiri disebut-sebut sebagai Wayag versi kecil. Wayag adalah daerah yang masih termasuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana, ada pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang.

Biasanya para traveler selalu mengincar untuk melihat Raja Ampat dari ketinggian, karena dari situlah pesona keindahaan alam baharinya dapat dinikmati lebih puas. Maka tak heran Pianemo menjadi incaran saat datang ke surga timur Indonesia ini.

Pianemo

Untuk mencapai titik tertinggi, traveler memang harus sedikit berjuang, karena ada sekitar 300 lebih anak tangga yang harus didaki. Meskipun berat, namun saat tiba di puncaknya maka suguhan pemandangan yang ada akan menghapus semua keletihan yang terasa.

Gugusan bukit karst, airnya yang biru bergradasi hijau, serta pasir putihnya yang bersih benar-benar akan memanjakan mata dan bikin manusia terkagum-kagum akan keindahan dan kebesaran Tuhan yang menciptakannya.



Pianemo cukup mudah dijangkau. Dari pelabuhan Waisai yang merupakan pusat Administrasi Kabupaten Raja Ampat, perjalanan menuju Pianemo membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam. Namun semuanya tetap tergantung dengan keadaan cuaca dan speedboat atau kapal yang digunakan. Untuk naik kapal ini traveler harus merogoh kocek hingga Rp500.000 dan Rp300.000 untuk speedboat.

Sebelum masuk ke pulau Pianemo, para pengunjung juga diwajibkan untuk membayar restribusi adat di salah satu pos utama yang berada tepat di jalur masuk pulau Pianemo.

Pianemo

Jika ingin mendapatkan pemandangan yang benar-benar indah, disarankan datang ke Pianemo di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIT. Karena cuaca saat pagi yang tidak terlalu panas, dan saat cahaya mentari bersinar juga memiliki daya tarik tersendiri.

Jika sudah selesai mengeksplor Pianemo, para traveler bisa membeli makanan dan minuman yang dijual di sekitar area bawah puncak Pianemo. Ada es kelapa yang segar, kepiting kenari dan sate kerang.

Selain Pianemo, masih ada gugusan pulau lain yang tak kalah indah yang bisa dikunjungi. Ada pulau Wayag, Pulau Misool, Pulau Batanta, Pasir Timbul, Pulau Mansuar, Pulau Waigeo, Pulau Arborek, dan lainnya. Bahkan traveler juga bisa menginap di antara pulau itu, salah satunya di Pulau Rufas dengan harga Rp 400 ribu.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!