Perubahan Warna Danau Tiga Warna Kelimutu dan Mitos Munculnya Peristiwa Baru

Good News From Indonesia  1 Bulan, 1 Minggu yang lalu 352

Danau Kelimutu NTT
Sumber gambar: Shutterstock/MuhammadNurudin


Danau Kelimutu ditemukan pertama kali pada 1915 oleh orang Belanda keturunan Lio bernama Van Such Telen. Kemudian pesonanya semakin dikenal setelah Y. Bouman melukiskannya dalam tulisan pada 1929.

Sejak saat itu, tidak hanya wisatawan yang berdatangan, tetapi juga ilmuwan yang ingin meneliti kejadian langka dari bergonta-gantinya warna Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu yang terbilang langka tersebut. Pada 26 Februari 1992, Kelimutu ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat tiga danau di Gunung Kelimutu. Tiga Danau itu memiliki nama di mana masing-masing dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki kekuatan magis, berikut uraian namanya:
  • Tiwu Nuwa Muri Koo Fai: Tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal
  • Tiwu Ata Polo: Tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang meninggal yang selama hidupnya melakukan kejahatan
  • Tiwu Ata Mbupu: Tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal

Pada bulan Mei 2020, Danau Kelimutu kembali berubah warna. Perubahan seperti ini, sebenarnya sering terjadi setiap tahun. Ketua Forum Komunitas Adat Penyangga Danau Kelimutu, Yohanes Don Bosco Watu menjelaskan perubahan air Danau Kelimutu yang terjadi pada pertengahan bulan Mei sebagai pertanda akan terjadi perubahan alam yang besar di bumi.

Sebelumnya pada awal tahun 2019 ketika wabah Covid-19 belum muncul dan menggila di seluruh dunia, danau Kelimutu juga pernah berubah warna. Saat itu Yohanes meyakini akan terjadi peristiwa besar di Indonesia pada masa yang akan datang. "Itu menjadi tanda bahwa akan terjadi sesuatu hal di masa mendatang entah itu kerusuhan atau pun kematian maupun bencana alam yang bakal menimpa bangsa Indonesia," kata Yohanes pada 2019 lalu, dikutip GNFI dari Kupang Tribunnews.


Tags:


Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!