Perjuangan Gordon Ramsay Memasak Rendang

Indonesia.Go.Id  2 Minggu, 1 Hari yang lalu 208

Gordon Ramsay Rendang
Sumber gambar: National Geographic

Tak hanya belajar memasak rendang, pria yang dikenal dengan gaya temperamentalnya ini juga mencoba mencicipi kuliner khas Minangkabau lainnya. Ketika berada di Istana Pagaruyung mengikuti bajamba, Gordon ikut mencicipi perkedel kentang, belut balado, dan ketan. 

Ketika mencari daging sapi terenak untuk bahan baku rendang, ia sempat singgah di kedai bika di Koto Baru. Ia juga belajar membuat bika, penganan ringan beralas daun pisang yang cara membuatnya dibakar di tungku tanah liat berbahan kayu bakar dari batang kayu manis. Ia juga sempat menjajal sup ceker ayam di pasar tradisional. 

Gordon tak lupa belajar tradisi Minangkabau. Salah satunya pacu jawi atau balap sapi jantan di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar. Kegiatan ini diadakan di sebuah lahan kubangan bekas persawahan. Peserta pacu jawi harus mampu mengendalikan laju sepasang sapi yang diikatkan. 

Nagari berhawa sejuk berketinggian 700 meter di atas permukaan laut yang terletak di kaki Gunung Marapi itu menjadi titik persinggahan Gordon selanjutnya di Ranah Minang. Juri sejumlah acara masak kelas dunia seperti "Masterchef" ini pun tak sungkan mencoba menjadi joki pacu jawi meski ia berkali-kali gagal mengendalikan laju dua ekor sapinya. Gordon juga rela badannya basah berkubang lumpur dan disoraki puluhan penonton yang berdiri di tepi kubangan.

Ia juga singgah di pasar tradisional di Tanah Datar untuk berbelanja bahan baku rendang. Bahkan Gordon ikut mencoba menggiling seluruh bahan baku tadi menggunakan alat tradisional ulekan dan cobek. Pada sudut lain pasar, ia bersama seorang juru masak lokal, Katuju, menumpang masak bumbu rendang hingga matang di salah satu kedai. 


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!