Pantai Tanjung Aan, Eksotis dan Memanjakan Mata

Akato  1 Year, 2 Weeks ago 344

Pantai Tanjung Aan
Sumber: Instagram @viajerosforever



Pulau Lombok memang memiliki segudang pantai yang mengagumkan, terlebih di wilayah selatan Pulau Lombok. Satu tempat yang harus masuk dalam daftar wisata Lombok adalah Pantai Tanjung Aan, tempat asal Sang Puteri Mandalika. Seperti apa eksotisnya?

Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 Kilometer. Satu hal berbeda saat kaki menginjak Pantai Tanjung Aan, yakni pasirnya. Tak seperti pantai di Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat mirip bumbu dapur merica.

Dari jauh, pantai ini seperti kolam renang pribadi, karena sekelilingnya berupa perbukitan hijau berketinggian rendah.

Pantai Tanjung Aan memang memiliki pemandangan indah, namun masih terbilang sepi. Lebih banyak turis mancanegara dibandingkan turis lokal.

Pantai Tanjung Aan
Sumber: Instagram @lazyinnlombok

Pantai Tanjung Aan juga sangat tepat bagi traveler yang gemar snorkling dan berenang. Pasalnya ombak di pantai ini cukup tenang dengan kedalaman relatif dangkal. Jika tak membawa peralatan pendukung, tersedia persewaan alat snorkling di tepi pantai. Menjelang sore permukaan air laut akan mulai naik, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang tepat untuk berselancar.

Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Traveler dapat dengan mudah mencapai bukit tersebut. Dari atas bukit, terlihat penamdangan Pantai Tanjung Aan yang indah.

Di sekitar wisata pantai Lombok ini, traveler akan menemui beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung tersebut, sembari menikmati kelapa muda yang bisa dibeli di sekitar pantai. Traveler juga bisa mengunjungi deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan. Mencicipi menu-menu masakan setempat sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan adalah pengalaman yang menakjubkan.

Di musim liburan, pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Apalagi jika berkunjung pada bulan Februari, maka pantai akan dipenuhi traveler dari dalam maupun dari luar negeri. Pasalnya di bulan tersebut ada even spesial bernama Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale”, atau cacing laut. Setelah “perburuan”, Nyale dijadikan bahan beberapa jenis masakan lokal.

“Nyale” sendiri adalah sebutan masyarakat setempat untuk jenis cacing laut yang muncul pada waktu tertentu  di Pantai Tanjung Aan dan beberapa tempat lainnya di Indonesia (Sumbawa, Maluku, dan terutama di Lombok).

Pantai Tanjung Aan
Sumber: Instagram @nadine.lrz

Pantai Tanjung Aan
Sumber: Instagram @hopewellxx

Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika datang menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Mataram, perjalanan akan menempuh waktu selama kurang lebih 1,5 jam. Dengan rute Mataram–Cakranegara–Kediri–Praya–Batunyale–Sengkol–Rambitan–Sade–Kuta dan terakhir Tanjung Aan.

Disarankan agar menyewa sepeda motor atau mobil dari Kota Mataram. Karena sarana angkutan umum akan membuang waktu dan relatif lebih repot.

Untuk tarif masuk atau harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan ini hampir sama dengan lokasi Pantai di Lombok pada umumnya, namun disini tidak akan dikenakan biaya masuk melainkan biaya parkir kendaraan saja. Untuk kendaraan mobil akan dibebankan sebesar Rp 10.000, dan Rp 5.000 untuk parkir motor.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!