Brisik ID  1 Month, 1 Week ago

Nikmatnya Nyeruput Kopi dengan Pemandangan Gunung Merapi

Kopi Merapi
Foto: brisik.id

Kabupaten Sleman yang berada di sisi selatan Gunung Merapi, DI Yogyakarta, kini menjadi destinasi wisata apik. Saat liburan ke kawasan ini, ada satu warung kopi yang tak boleh dilewatkan. Namanya Kopi Merapi.

Warung yang berada di di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman ini menawarkan kenikmatan berupa seduhan biji kopi yang ditanam langsung di tanah vulkanik lereng Gunung Merapi. Mau jenis arabika atau robusta, semua ada di sini. Cara pengolahan biji kopinya juga secara tradisional, sama seperti nenek moyang jaman dulu.

Warung Kopi Merapi menyuguhkan suasana tenang dan penuh dengan pepohonan hijau yang masih asri. Area warung dibagi menjadi dua, ada indoor dan outdoor.

Kedai ini dibangun dengan bahan dasar batu. Mengusung konsep serba terbuka, pengunjung dapat menikmati keindahan alam merapi saat berada di dalamnya. Desainnya cukup sederhana, tapi sangat ikonik.

Kopi Merapi
Foto: brisik.id

Tersedia banyak tempat duduk yang dapat disesuaikan dengan jumlah rombongan. Menariknya lagi, warung ini menyediakan batu-batu alami yang disulap menjadi meja dan kursi.

Jika datang di siang atau sore hari, maka pemandangan gunung Merapi bakal terlihat dengan sangat jelas. Menjelang malam hari, hawa dingin khas Kaliurang akan berhembus. Bila datang pas di malam hari, sangat disarankan untuk membawa pakaian tebal.

Tak hanya kopi, kedai ini juga menjual wedang gedang, wedang secang, hingga susu segar. Selain itu, kamu bisa membeli kopi siap seduh untuk dijadikan buah tangan dengan harga Rp40.000 per bungkusnya.

Kopi Merapi
Foto: brisik.id

Menu
Harga menu-menunya yang ada di Warung Kopi ini cukup terjangkau, beberapa diantaranya:
- Kopi Robusta Rp5.000/cangkir
- Kopi Arabika Merapi Rp8.000/cangkir
- Satu porsi pisang Rp7.000
- Satu porsi tempe mendoan Rp5.000
- Satu porsi mie rebus Rp7.000
- Satu porsi mie goreng Rp8.000

Fasilitas
Warung Kopi Merapi menyediakan parkir mobil dan motor cukup luas. Buat kamu yang beragama Muslim, disediakan Mushola untuk menunaikan ibadah solat. Toiletnya pun cukup bersih.

Jam Buka
Pada hari biasa kedai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 01.00 WIB

Kopi Merapi
Foto: brisik.id

Rute Menuju Lokasi
Jika datang dari perempatan Kentungan di jalan Kaliurang, ambil arah utara sampai ke pertigaan dekat rumah sakit Panti Nugroho. Selanjutnya belok ke kanan (arah timur) sampai melintasi lampu pengatur lalu lintas menuju The Cangkringan Jogja Villas and Spa di Cangkringan.

Terus ikuti jalan beraspal hingga bertemu dengan pertigaan yang ada pom bensin di kanan jalan. Dari pertigaan itu, belik ke kiri. Lanjut mengikuti jalan sampai menemukan papan penunjuk arah dengan tulisan “Desa Wisata Petung”.

Dari papan itu lalu belok ke kanan, melintasi jalan berbatu sampai portal penjagaan. Dari pintu masuk tadi, kira-kira 500 meter di kiri jalan ada kuburan massal korban erupsi gunung Merapi.

Setelah kuburan, atau pas setelah portal, kamu bisa melihat Warung Kopi Merapi ada di kanan jalan.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!