2 Months, 1 Week ago

Niagara Tersembunyi di Nusantara

Tumpak Sewu
Sumber: travel.tribunnews.com

Bagi kamu pecinta keindahan alam, khususnya pegunungan dan air terjun, mungkin nama Tumpak Sewu masih jarang terdengar. Namun air terjun yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ini dikabarkan memiliki keindahan yang sangat luar biasa, sehingga sering disebut sebagai Niagara-nya Indonesia.

Warga dari kedua kabupaten ini sering menyebutnya Grojogan Sewu, Coban Grojogan Sewu, Coban Tumpak Sewu, atau Coban Sewu. Jadi kalau kamu bertanya pada warga mengenai Tumpak Sewu dan banyak yang tidak mengetahuinya, kamu bisa mencoba beberapa nama di atas.

Jika kamu berkendara dari Malang, untuk mencapai tempat ini kamu bisa mengambil rute Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Begitu sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, pintu masuk Air Terjun Tumpak Sewu bakal terlihat dari tepi jalan.

Kamu bisa memarkir kendaraan kamu di area parkir yang tersedia. Setelah memarkir kendaraan, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit hingga akhirnya kamu akan melihat kemegahan air terjun Tumpak Sewu ini dari atas. Kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu untuk menuruni tebing jika ingin menikmati keindahan Tumpak Sewu dari dekat. Saran Akato, jangan lupa berhati-hati dalam melangkah dan gunakan sepatu yang anti selip karena bebatuan di lokasi ini cukup licin.

Tumpak Sewu
Sumber: travel.kompas.com

Bentuk dari air terjun ini cukup menarik dan berbeda dari air terjun pada umumnya. Dengan ketinggian mencapai 120 meter, aliran air di Tumpak Sewu melebar membentuk tirai dan berbentuk melingkar, sungguh mirip dengan air terjun Niagara di negeri Paman Sam. Begitu sampai di tempat ini, kamu akan menemukan aliran air yang jatuh dari tebing, seakan-akan membentuk tirai tipis yang tembus pandang. Ditambah dengan asrinya hutan sekitar, tempat ini merupakan destinasi wajib bagi kamu traveler pencinta fotografi, ataupun sekedar selfie untuk diunggah di sosial media kamu.

Tumpak Sewu
Sumber: pampimpom.wordpress.com

Meskipun cukup melelahkan, Akato merekomendasikan kamu untuk berwisata ke tempat ini. Pasalnya, begitu kamu mencapai air terjun ini, semua kerja keras dan lelah kamu akan terbayarkan.

Lokasi
Lokasi Lumajang: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
Lokasi Malang: Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Harga
Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!