2 Months, 2 Weeks ago

Mudik Lewat Jalur Pantura? Mampir Dulu di Kawasan Kulinernya!


Sumber: kompasiana.com

Kamu salah satu pemudik yang akan melintasi jalur pantura? Kalau ya jangan lewatkan perjalanan anda untuk bisa mencicipi berbagai makanan enak, mulai dari Cikampek hingga Indramayu.

Para pemudik yang melakukan perjalanan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur akan melintasi daerah Bekasi, Cikampek, Karawang, Purwakarta hingga Indramayu sebelum masuk ke kawasan Jawa Tengah. Menempuh perjalanan yang cukup jauh, tentu alangkah baiknya jika anda berhenti di beberapa titik untuk istirahat. Sembari istirahat tak ada salahnya  jika anda sambil mencicip kuliner khasnya. Berikut beberapa rekomendasi kuliner-kuliner khas yang bisa anda sambangi.

Gabus Pucung, Bekasi

Gabus Pucung
Sumber: selerasa.com

Kuliner khas Betawi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalur Bekasi hingga Karawang. Gabus pucung merupakan makan yang diolah dari ikan gabus yang dimasak dengan bumbu kluwek. Kuahnya sendiri dinamakan pucung. Jadi kalau di Jawa disebutnya kluwek, tapi kalau di Betawi disebut pucung.

Kuah pucung ini dibuat dari tumbukan jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, rempah-rempah, asam, dan pucung atau kluwek. Setelah ditumbuk, semua bumbu digoreng terlebih dahulu kemudian dimasak dengan ditambahkan air. Kuah inilah yang akan baru disiram ke Ikan gabus yang sudah matang saat akan disajikan ke pengunjung. Meski warnanya hitam pekat tapi kelezatan gabus pucung tetap menggoda, apalagi dinikmati selagi hangat.

Salah satu warung makan yang menyajikan menu gabus pucung berada di Desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta. Lokasi warung yang ada di pertigaan jalan Panyingkiran, Rengasdengklok, Lemahabang Wadas ini dikenal dengan sajian gabus pucung yang sudah diakui kelezatannya. Untuk satu porsi gabus pucunghanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada bagian ikan yang dipesan.

Pepes Walahar, Karawang

Pepes Walahar
Sumber: pegimakan.id

Salah satu rumah makan yang bisa disambangi saat melintas di Karawang adalah kedai pepes walahar milik H. Dirja. Di sini ada beragam jenis pepes mulai dari pepes oncom, ikan mas, tahu, jamur hingga peda. Semua pepes dimasak secara tradisonal dengan kayu bakar, sehingga menghasilkan aroma yang sedap.

Aneka pepes ini biasa disajikan bersama lalapan, tahu dan tempe goreng, sambal terasi, serta nasi timbel yang pulen dan harum. Rata-rata harga per porsi pepes hanya Rp 10.000. Cukup murah ya.

Kedai yang didirikan sejak tahun 1987 ini lokasinya berada di dekat Bendungan Walahar, sehingga warung ini dikenal dengan pepes walahar. Tepatnya berada di Jalan Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Saat musim mudik, kedai pepes yang satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Sate Maranggi, Purwakarta

Sate Maranggi
Sumber: tokopedia.com

Makan nasi hangat dan sate empuk berbumbu kecap yang pedas menggigit memang menggoda. Apalagi kalau dagingnya empuk juicy. Hmm mantap!

Melintasi Purwakarta lewat jalur pantura kurang afdol rasanya kalau tidak mampir ke Sate Maranggi Cibungur Hj. Yetti yang berada di Jalan Raya, Cibungur, Kec. Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Ruang makan dan area parkir yang luas semakin terasa ideal untuk membuat banyak orang singgah sejenak untuk beristirahat sekaligus mengisi perut.

Selain sate maranggi dengan bumbu kecap dan potongan tomat segar, tersedia juga menu lainnya yang tak kalah sedap seperti ikan gurame bakar, ayam bakar, sop sapi atau kambing, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom, tutut, dan cobek nila. Sementara itu, untuk menu minuman harus mencoba es kelapa batoknya! Untuk menikmati aneka menu di sini, harga yang akan dibayar kisaran Rp 50.000 hingga Rp 120.000.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!