Misteri di Balik Keindahan Danau Kelimutu, Antara Mitos dan Fakta yang Bikin Penasaran

Qupas  4 Minggu, 2 Jam yang lalu 118

Kelimutu
Sumber Gambar : Kompas.com

Danau Kelimutu mungkin bisa dibilang merupakan salah satu keajaiban di dunia pariwisata yang masih menyimpan misteri. Sebab, warna air danau terdiri dari tiga macam, yaitu merah, biru, dan putih. Meski begitu, warnanya selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Bukan cuma soal warna, tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki cerita mitos yang masih dipercaya masyarakat.Kelimutu adalah gabungan dari kata 'keli' yang berarti gunung, dan 'mutu' yang artinya mendidih. Menurut kepercayaan warga setempat, warna-warna pada danau di NTT ini punya arti masing-masing serta punya kekuatan dahsyat.

Dimana danau berwarna biru atau 'Tiwu Nuwa Muri Koo Fai' artinya tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau berwarna merah atau 'Tiwu Ata Polo' berarti tempat berkumpulnya jiwa orang yang telah meninggal dan selama hidupnya ia melakukan kejahatan.Nah, kalau danau berwarna putih atau disebut pula dengan nama 'Tiwu Ata Mbupu' adalah tempat berkumpulnya jiwa para orang tua yang telah meninggal.Dari makna yang dipercaya penduduk itu, kemudian timbul kepercayaan bahwa saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang-orang yang sudah meninggal.
 


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!