3 Months, 3 Weeks ago

Liburan ke Medan Kudu Ngapain Aja?

Hi Sobat Akato, pastinya kamu semua sudah tidak asing dengan nama kota Medan. Kota Medan yang terletak di Sumatra Utara ini seringkali terlewatkan oleh para traveler. Banyak traveler mengira jika Medan hanya terkenal akan kulinernya saja. Padahal nyatanya banyak hal di Medan yang bisa kamu lakukan lho!

Kali ini Akato akan mengulas beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke kota yang indah ini. Apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah.

Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion
Sumber: klook.com

Tempat ini merupakan sebuah rumah besar sederhana yang memiliki 2 lantai dan dimiliki oleh seorang pedagang Hakka pada tahun 1900-an. Kini rumah ini merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang sering dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke Medan. Ketika berjalan memasuki rumah ini, kamu akan kagum dengan arsitektur dan desain rumah tua ini, yang dengan hati-hati tetap dipertahankan keasliannya sebagai bagian dari sejarah.

Terdapat 35 kamar di rumah ini, dimana salah satu keturunan dari Tjong A Fie masih tinggal di sini. Dengan harga sekitar  Rp 35,000 Anda akan dapat melakukan tur berkeliling ke beberapa kamar yang megah, termasuk ruang dansa, ruang makan dan kamar tidur pribadi Tjong A Fie yang mewah.

Biaya: Rp 35,000
Jam Buka: 9.00 - 17.00
Alamat: Jalan Jendral Ahmad Yani VII No. 105

Taman Simalem Resort, Danau Toba

Taman Simalem Resort
Sumber: mktours.co.id

Berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Taman Simalem Resort menjadi tempat liburan yang populer bagi masyarakat setempat. Tempat ini menawarkan hawa yang sejuk dan jauh dari hingar bingar kota. Taman Simalem Resort juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Taman Simalem Resort sendiri menawarkan banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh para pengunjung. Mengikuti kelas yoga di bukit yang menghadap ke Danau Toba, melakukan perjalanan menjelajah hutan, ataupun hanya duduk dan memanjakan diri kamu dengan pijat tradisional Indonesia yang membuat kamu menjadi rileks.

One Tree Hill, Danau Toba

One Tree Hill
Sumber: globalindonesianvoices.com

Tempat ini terletak di dalam Taman Simalem Resort. Di sini kamu bisa melihat dari jauh siluet yang berbeda dari sebatang pohon yang menjulur dari ujung bukit.

Selain itu, tempat ini merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbit dari atas Danau Toba. Jika cuaca sedang cerah, kamu bahkan bisa melihat Pulau Samosir, pulau besar yang terletak di tengah-tengah Danau Toba.

Pulau Samosir

Pulau Samosir
Sumber: wikipedia.org

Menjelajahi Pulau Samosir juga merupakan salah satu pilihan yang layak kamu pertimbangkan. Memiliki luas 640 kilometer persegi, pulau ini merupakan pulau terbesar yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Sebagian besar penduduk yang tinggal di pulau ini adalah keturunan suku Batak dan berbicara dengan dialek yang sedikit berbeda.

Pulau ini juga melayani wisatawan yang ingin merasakan Danau Toba dari dekat. Kamu juga bisa menginap di Pulau Samosir karena pulau ini memiliki banyak resort di sepanjang pantai dan menawarkan pemandangan tepi laut yang indah.

Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Sumber: wikipedia.org

Air terjun setinggi 120 meter ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Di tempat ini kamu bisa melihat pelangi dengan mudah di pagi hari yang cerah. Air Terjun Sipiso-Piso terletak di Tongging, hanya berjarak 20 menit berkendara dari Taman Simalem Resort.

Bukit Indah Simarunjung

Bukit Indah Simarunjung
Sumber: travelingyuk.com

Tempat ini merupakan tempat persinggahan yang populer jika kamu pergi dari Medan atau Berastagi menuju ke Pulau Samosir. Tempat ini menyajikan hidangan kuliner berupa teh jahe dan pisang goreng, sungguh cocok dengan suasana sejuk di kawasan tersebut.

Selain itu tempat ini juga memiliki panorama yang indah, cocok untuk kamu abadikan di dalam foto dan kamu unggah ke sosial media. Di sini kamu bisa menemukan ayunan raksasa yang tergantung di antara 2 pohon tinggi. Sungguh tepat untuk menikmati keindahan pemandangan Danau Toba.

Gunung Sibayak & Sumber Air Panas Semangat Gunung

Gunung Sibayak
Sumber: voaindonesia.com

Jika kamu suka trekking, kamu harus mencoba trekking di Gunung Sibayak. Di bagian bawah kawah, kamu bisa mendapati lumpur segar dan hangat penuh dengan mineral. Coba oleskan lumpur bermineral ini di wajah kamu untuk mendapatkan manfaat kecantikan dan kesehatan kulit.

Setelah trekking di Gunung Sibayak, jangan lupa memanjakan diri kamu di Sumber Air Panas Semangat Gunung. Dengan biaya masuk mulai dari Rp 5000 - 7000, manjakan diri Anda dengan berenang santai di sumber air panas alami sambil dikelilingi oleh pemandangan gunung yang indah. Air panas di sini juga penuh dengan mineral yang bagus untuk kesehatan kulitmu.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!