7 Months, 1 Week ago

Lezatnya Orem-Orem Malang, Cocok Buat Makan Siang



Barang kali Sobat Akato masih asing dengan kuliner bernama orem-orem. Yup, kuliner tradisional khas Malang ini memang tergolong langka.

Namun jika penasaran ingin mencicipi sajian orem-orem, mampir saja ke salah satu penjualnya di kawasan Jalan Blitar No. 14 A. Di kawasan ini, ada satu dari segelintir pedagang orem-orem yang masih tersisa di Kota Malang.

Nama kedai ini adalah Orem-orem Malang dan sudah berdiri sejak tahun 1995. Dari penuturan pemilik kedai, menjelang tahun 2000-an usaha ini sudah diteruskan oleh generasi kedua.

Orem Orem
Sumber: oscaroyi.wordpress.com


Orem-orem sendiri adalah sajian yang terdiri dari ketupat, tempe, bawang merah digoreng, toge, dengan disiram kuah santan gurih manis.

Kuah Orem-orem lebih kental daripada kuah opor ayam yang sering dijumpai saat lebaran. Rasa kuahnya pun sangat khas karena dimasak dengan beragam rempah pilihan. Jika suka pedas, bisa tambahkan sambal agar lebih segar.

Yang membedakan orem-orem di kedai ini dengan lainnya adalah ketupat berdimensi cukup besar, yakni sekitar 10 cm. Selain itu ada tambahan tempe yang menjadi khasnya Kota Malang.

Orem Orem
Sumber: Instagram @sovifooddiary

Sehari-hari kedai ini mampu menjual 200 porsi orem-orem. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibutuhkan 30 ketupat besar dan lebih dari 30 ketupat kecil. Satu ketupat kecil bisa dipakai 4 sampai 5 porsi. Sedangkan untuk ketupat besar bisa dipakai 10 porsi.

Ketupat juga dimasak dengan waktu cukup lama. Setidaknya dibutuhkan 7-8 jam agar ketupat benar-benar matang hingga ke dalam. Sementara untuk lauknya, ada ayam dan telur ayam potong.

Orem Orem
Sumber: Instagram @henjiwong

Untuk menikmati kuliner tradisional asli Malang ini tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Satu porsi orem-orem biasa dibanderol Rp 7 ribu, sementara untuk orem-orem ditambah telur dan ayam, masing-masing dihargai Rp 10 ribu dan Rp 15 ribu.

So tunggu apalagi, jika sedang melancong di Kota Malang tak ada salahnya berkunjung ke warung Orem-Orem Malang yang buka setiap hari, kecuali hari Jum'at, mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

Biar gak kehabisan, datanglah lebih awal agar bisa mengecap kelezatan kudapan ini.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!