Lak Lak, Kue Tradisional Khas Bali yang Masih Eksis Hingga Kini

Akato  1 Tahun, 2 Bulan yang lalu 4,488

Lak Lak Bali
Sumber: suarasakingbali.com



Di Bali ada salah satu kue tradisional yang bentuknya menyerupai kue surabi, namun ukurannya lebih kecil. Kue tersebut adalah lak lak.

Kue lak lak umumnya berwarna hijau pucat. Warna ini diperoleh dari daun kayu suji yang digunakan sebagai pewarna alami dalam pembuatan lak lak. Biasanya orang Bali menyantap kudapan ini sebagai menu untuk sarapan. Selain itu, lak-lak juga dibuat secara khusus sebagai hidangan pesta dan upacara adat.

Kue lakblak bisa ditemukan di pasar tradisional atau kios kaki lima. Salah satu warung yang terkenal menjual lak lak adalah Lak Lak Bali Sinta yang berada di Jl. Raya Teges, br. Teges, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat ini buka setiap hari, mulai buka 07.00 - 19.00 WITA. Kalian akan menemukan warung ini dengan mudah karena lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Teges, tepatnya 100 meter ke arah timur dari Bebek Tepi Sawah.

Lak Lak Bali
Sumber: blue.kumparan.com

Sebenarnya lak lak dimasak dengan cara yang masih tradisional, yakni menggunakan tungku api dan cetakan yang terbuat dari tanah liat. Sehingga hasil akhir kue ini memiliki aroma yang khas. Namun proses tradisional ini dianggap memakan waktu yang cukup lama, maka saat ini sudah banyak penjual lak lak yang tak lagi menggunakan kayu bakar dan tanah liat.

Cara membuat laklak cukup mudah. Hampir sama dengan serabi, bahan utama dalam adonan lak lak terbuat dari tepung beras. Hanya saja, lak lak tidak memakai campuran santan. Kemudian tepung beras tersebut ditambahkan dengan bahan lainnya, lalu dilarutkan dengan air dan diberi pewarna alami. Setelah itu adonan lak lak dipanggang di atas cetakan berbentuk bulat yang telah dipanaskan.

Lak Lak Bali
Sumber: blue.kumparan.com

Lak Lak Bali
Sumber: blue.kumparan.com

Lak lak memiliki tekstur luar yang renyah, sedangkan bagian dalamnya empuk dan lembut. Rasanya sedikit gurih dengan aroma dan rasa khas daun suji.

Setelah matang lak lak disajikan hangat-hangat dengan diberi taburan parutan kelapa dan disiram gula merah yang dicairkan sebagai pelengkap. Gurih, empuk, dan manis bersatu di dalam mulut, membuat kenikmatan lak lak begitu menggoda.

Kalau Sobat Akato berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencoba kue lak lak ya!

Tags:


Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!