Lagi, Bandara Changi Jadi Bandara Terbaik Dunia 2020 Versi Skytrax

Kumparan  1 Week, 3 Days ago 207

Changi Airport
Sumber gambar: Instagram.com/Changiairport 


Pandemi global virus corona membuat sebagian bandara di dunia sepi dari hiruk pikuk wisatawan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pembatasan perjalanan di beberapa negara yang berdampak pada operasional sejumlah penerbangan. 

Walau begitu, baru-baru ini Skytrax kembali merilis daftar bandara terbaik dunia pada 2020. Changi Airport kembali menyabet gelar sebagai bandara terbaik dunia dalam World's Best Airport 2020 versi Skytrax. Dengan demikian, Bandara Changi menorehkan sejarah sebagai satu-satunya bandara yang memenangkan gelar terbaik ini selama delapan tahun berturut-turut.

Dilansir Skytrax, selain menjadi bandara terbaik di dunia versi Skytrax, Bandara Changi juga mengulang keberhasilannya dalam kategori Best Airport Leisure Amenities. Lee Seow Hiang, Chief Executive Officer of Changi Airport Group, mengatakan bahwa mereka sangat terhormat mendapatkan penghargaan sebagai Skytrax's World Best Airport untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut. Selain itu, Bandara Changi akan terus melakukan yang terbaik demi kesehatan pengunjung dan elemen terkait di tengah pandemi yang terjadi.

Changi Airport
Sumber gambar: Instagram.com/Changiairport 

"Ini adalah tahun-tahun penuh tantangan untuk kita. Seperti semuanya, di sini (Changi) kami akan terus melakukan yang terbaik untuk menjaga dan melindungi kesehatan para wisatawan, pengunjung, dan pekerja bandara kami," kata Lee Seow Hiang.

Penghargaan ini sebelumnya bakal diumumkan di Passenger Terminal EXPO yang digelar di Paris pada April kemarin. Hanya saja, acara tersebut harus ditunda karena pandemi virus corona yang terjadi. Bandara Changi adalah satu dari sekian banyak bandara di dunia yang terkena imbas akibat pandemi virus corona. Awal Mei kemarin, Bandara Changi telah menangguhkan operasional Terminal 2 selama 1 tahun 6 bulan.

Tan Lye Teck, Executive Vice President Changi Airport Group (CAG), mengatakan penangguhan operasional terminal ini merupakan respons dari menurunnya perjalanan penumpang. Selain itu, hal tersebut bertujuan untuk membantu bandara melewati masa-masa sulit seperti sekarang.

"Sementara skala operasi kami akan berkurang dalam waktu dekat, Bandara Internasional Changi tetap terbuka untuk melayani penerbangan kargo dan penerbangan penumpang," kata Tan Lye Teck. Meski begitu, penangguhan sementara operasional Terminal 2 dilakukan untuk memangkas dan menghemat biaya operasional bandara.

Selain karena corona, penangguhan itu juga ternyata untuk mempermudah dan mempersingkat masa pengerjaan perluasan proyek Terminal 2.

Selain menganugerahkan gelar bandara terbaik, Skytrax juga merilis rating 10 bandara terbaik di dunia, yaitu:
1. Singapore Changi Airport, Singapura
2. Tokyo Haneda Airport, Jepang
3. Hamad International Airport, Qatar
4. Incheon International Airport, Korea
5. Munich Airport, Jerman
6. Hong Kong International Airport, Hong Kong
7. Narita International Airport, Jepang
8. Central Japan International Airport, Jepang
9. Amsterdam Schiphol Airport, Belanda
10. Kansai International Airport, Jepang


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!