Ladakh Bagi Kamu yang Suka Tantangan

Akato  4 Months, 1 Week ago 155

Ladakh
Foto: travel.dream.co.id

Propinsi di India ini merupakan destinasi yang sangat menantang, dimana kondisi jalan yang kurang baik, cuaca yang tidak bisa diprediksi dan daerah konflik yang terletak tidak jauh dari sana, akan membuat memori liburan kamu tidak terlupakan.

Propinsi ini terletak di sisi timur Lembah Kashmir dan berbatasan dengan Tibet. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di musim panas atau sekitar bulan Mei - Agustus. Jangan pernah berpikir untuk ke sini di musim dingin. Pasalnya, tumpukan salju akan menghalangi jalan dan membuat kamu tidak bisa kemana-mana.

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus terlebih dahulu menuju New Delhi. Dari New Delhi, lanjutkan perjalanan menggunakan pesawat ke Leh, ibukota Propinsi Ladakh. Jika ingin menggunakan jalan darat, kamu bisa mencapai Leh melalui 2 rute. Rute pertama melalui Srinagar dan Kashmir (Kargil) di sisi barat. Rute kedua adalah melalui Manali di sisi selatan. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan jalan darat, kamu tidak bisa mencapai Leh dalam 1 hari perjalanan. Kamu harus menginap dulu di pedesaan sebelum bisa melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Kami tidak menyarankan kamu menggunakan jalan darat karena banyaknya kendala yang akan dihadapi. Misalkan melalui Srinagar, kamu harus melewati daerah konflik antara India dan Pakistan, dimana perbatasannya seringkali ditutup. Melalui Manali pun tidak berarti perjalanan kamu menjadi lebih nyaman. Pasalnya kamu harus menginap di Manali, Sarchu atau Pang, dimana semuanya berada di ketinggian lebih dari 4000 meter di atas permukaan air laut, yang pastinya membuat tidur kamu akan terasa sangat tidak nyaman. Belum lagi jalan darat hanya bisa diakses di musim panas saja, membuat kami sangat tidak merekomendasikan mencapai Leh menggunakan jalan darat ini.

Begitu sampai di sana, kamu akan merasakan semua usaha kamu mencapai tempat ini terbayar. Ladakh memiliki banyak destinasi wisata yang harus kamu kunjungi. Yang harus dicatat, beberapa destinasi wisata ini memberlakukan permit bagi orang asing. Meskipun kamu bisa mengurus sendiri, kami sarankan kamu mengambil paket tur di kota Leh. Apa saja destinasi wisata di Ladakh? Berikut kami berikan daftarnya.

Shanti Stupa

Shanti Stupa
Foto: holidify.com

Shanti Stupa merupakan salah satu pagoda perdamaian yang dibangun biksu-biksu Budha untuk misi perdamaian. Bangunan ini terdiri atas 2 lantai, dimana dinding-dindingnya memiliki ukiran relief dan figur Budha.

Di sini kamu menunggu matahari terbit ataupun matahari terbenam. Pemandangan kota Leh dari puncak bukti di Chanspa dijamin akan selalu terpatri di ingatanmu.

Thiksay Monastery

Thiksey Monastery
Foto: pinterest.com

Wihara ini merupakan wihara dari Sekte Gelug, sebuah sekte agama Budha dari Tibet. Tempat ini memiliki kemiripan dengan Istana Potala di Tibet, membuatnya sering disebut sebagai Mini Potala.

Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa melakukan 1 day trip dari Kota Leh, karena lokasinya yang hanya sekitar 1,5 jam saja. Di sini kamu bisa melihat patung Budha Maitreya setinggi 12 meter. Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan yang memukau selagi berjalan mendaki bangunan setinggi 12 lantai ini.

Pastikan kamu dalam kondisi sehat ketika berkunjung ke sini karena tempat ini memiliki anak tangga yang cukup banyak.

Pangong Lake

Pangong Lake
Foto: holidify.com

Tempat ini merupakan destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Pangong Lake atau Pangong Tso tampak seolah dipeluk oleh pegunungan salju di sekelilingnya. Danau yang merupakan salah satu danau air asin tertinggi di dunia ini membentang sepanjang 135 kilometer dan memiliki kedalaman sekitar 90 meter. Sepertiga dari danau ini berada di Ladakh sementara dua pertiga lainnya sudah masuk ke wilayah Tibet, China.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam sekaligus mengambil foto-foto dengan latar belakang yang sangat indah. Jika kamu tahu film 3 Idiots, maka kamu akan menyadari bahwa salah satu scene favorit dari film tersebut diambil di tempat ini.

Nubra Valley

Nubra Valley
Foto: tripfactory.com

Tempat ini merupakan lembah dengan gurun pasir yang sangat luas. Nubra Valley terbentuk dari pertemuan Sungai Shyok dan Sungai Siachen yang berada di Himalayan Range. Lembah ini memisahkan Ladakh dengan Karakoram Range dan terletak di bagian paling utara Ladakh.

Di sini, kamu bisa menaiki onta di gurun pasir menjelang sunset sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Jangan lewatkan pula kesempatan menginap di tent resort dan menikmati sunrise yang tidak kalah indahnya.

Kami menyarankan kamu untuk tidak tidur selama perjalanan ke tempat ini. Pasalnya, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat memukau dan bisa membuat kamu menahan napas karena terpukau.

Eksplorasi Kota Leh

Leh Town
Foto: eventshigh.com

Selama berada di Kota Leh, sempatkan dirimu untuk mengeksplorasi kota ini, terutama di kawasan main bazaar atau main market. Di sini kamu akan menemukan banyak suvenir khas Himalaya seperti kalung, gelang ataupun anting-anting.

Kehidupan masyarakat lokal juga tidak kalah menariknya. Kamu juga bisa duduk-duduk di kursi yang terdapat di ruang publik sambil menikmati kehidupan masyarakat setempat. Terdapat pula cukup banyak kafe atau restoran jika kamu ingin mengisi perut dengan makanan khas setempat.

Selain tempat-tempat di atas, masih banyak tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di sana, seperti misalnya Tso Kar Lake, Alchi & Likir Monastery, Tso Moriri, Diskit Monastery dan masih banyak lagi.

Jadi bagi kamu yang suka tantangan, jangan lewatkan untuk mengunjungi Ladakh, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Kalau bisa jangan bawa anak-anak ya, karena medan yang cukup sulit ditempuh dan lokasi di ketinggian yang pastinya tidak nyaman bagi anak-anak.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!