1 Week, 1 Day ago

Kastil Osaka, Simbol Masa Lalu yang Dramatis

Osaka

Osaka merupakan salah satu destinasi tujuan utama bagi para turis yang berkunjung ke Jepang, terutama pada kunjungan pertama mereka. Salah satu destinasi utama di Osaka adalah Kastil Osaka, dimana kastil ini merupakan bangunan bersejarah setinggi 58 meter yang dikelilingi oleh taman yang sangat indah.

Osaka Castle
Sumber gambar: Los Angeles County Museum of Art

Kastil Osaka dibangun lebih dari 500 tahun yang lalu oleh Toyotomi Hideyoshi, sosok legendaris dalam sejarah Jepang yang berhasil mempersatukan Jepang setelah perang yang tidak berkesudahan selama bertahun-tahun. Di era modern ini, Kastil Osaka merupakan salah satu simbol kebanggaan masyarakat Osaka dan destinasi turisme utama bagi para wisatawan asing maupun lokal.

Menurut sejarah, di abad ke-16 ada 2 tokoh ternama bernama Oda Nobunaga dan Toyotomi Hideyoshi. Nobunaga adalah seorang tuan tanah (feudal lord) yang sangat berkuasa dan berambisi untuk menyatukan seluruh Jepang. Ia seringkali memenangkan banyak pertempuran dan dikatakan merupakan tokoh yang paling mendekati sosok pemersatu Jepang. Kemenangan Nobunaga ini juga didukung oleh Hideyoshi sebagai tangan kanannya.

Setelah kematian Nobunaga, Hideyoshi melanjutkan posisi Nobunaga sebagai pemimpin. Ia melanjutkan perjuangan Nobunaga untuk mempersatukan Jepang yang pada akhirnya tercapai. Sebagai perayaan kemenangan, ia membangun sebuah benteng yakni Kastil Osaka.

Kastil atau Benteng Osaka merupakan benteng yang paling megah di jaman itu. Terdapat 5 lantai ke atas dan 3 buah basement. Tidak tanggung-tanggung, ruangan teh milik Hideyoshi di Kastil Osaka ini pun didekorasi sepenuhnya dari emas!

Setelah kematiannya di tahun 1615, Kastil Osaka dibakar oleh satu mantan anggota aliansinya, Tokugawa Ieyasu. Kastil Osaka dibangun kembali di tahun 1620, namun sempat disambar petir sebanyak dua kali dan terbakar kembali, yakni di tahun 1660 dan 1665.

Di era pemberontakan Meiji dan perang dunia kedua, kastil ini kembali mengalami kerusakan. Hingga akhirnya di tahun 1990, pemerintah Jepang kembali memugar kembali kastil ini.

Osaka Castle

Saat ini, Kastil Osaka adalah bangunan yang sangat megah, dikelilingi oleh tembok-tembok yang kokoh. Meskipun sisi luar kastil ini merupakan bangunan baru, namun sisi dalam dari Kastil Osaka merupakan sebuah museum dimana para turis dapat mempelajari sejarah kastil dan kota Osaka. Para turis juga dapat mengunjungi bagian paling atas dari Kastil Osaka untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian 50 meter.

Di sisi luar kastil terdapat taman ala Jepang yang sangat indah. Terdapat pula berbagai pusat belanja seperti toko-toko suvenir, kedai cepat saji dan restoran ala rooftop yang memberikan pemandangan indah menuju kastil.

Jadi bagaimana Sobat Akato, sudah tertarik mengunjungi Kastil Osaka?

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!