Akato  1 Month, 3 Weeks ago

Kabur dari Hiruk Pikuk Kota Besar? Ke Vang Vieng Aja!

Vang Vieng
Foto: yogawinetravel.com

Tidak banyak traveler yang tahu akan keberadaan Vang Vieng. Kota kecil di Laos ini menampilkan suasana khas pedesaan dengan bukit-bukit karst di sekelilingnya dan Sungai Nam Song yang mengalir deras.

Menurut traveler yang berkunjung ke Laos, jika kamu ingin menenangkan diri dan berkontemplasi, kamu bisa mengunjungi Luang Prabang. Namun jika kamu ingin menikmati alam dan menguji adrenalin, Vang Vieng dengan segala aktivitasnya tidak boleh kamu lewatkan.

Akses menuju kota kecil ini sudah terhubung dengan bus, baik dari Vientiane maupun Luang Prabang. Kamu bisa mengitari kota kecil ini dengan menyewa sepeda motor ataupun sepeda dengan mengandalkan peta digital di handphone kamu. Sentra kota juga dipenuhi dengan restoran, bar dan hotel, yang semuanya dapat kamu nikmati dengan santai sambil berjalan kaki.

Vang Vieng
Foto: matteocolombo.com

Kami mencatat terdapat 3 destinasi di Vang Vieng yang tidak boleh kamu lewatkan. Yang pertama adalah River Tubing di Sungai Nam Song. Bersantai di Sungai Nam Song sambil menaiki ban adalah aktivitas utama incaran para traveler yang berkunjung ke tempat ini. Arus sungai terbilang cukup aman untuk disusuri dengan ban (river tubing), namun para traveler tatap dihimbau untuk tidak mengonsumsi bir selagi melakukan river tubing demi keamanan. Untuk menikmati layanan ini, kamu bisa mengikuti tur lokal yang banyak ditemukan di kota ini.

Vang Vieng
Foto: yogawinetravel.com

Destinasi berikutnya adalah Nam Xay Viewpoint. Dulunya tempat ini merupakan surga tersembunyi di Vang Vieng karena jarang ada yang mengetahui keberadaannya. Kini Nam Xay menjadi populer karena semakin viralnya lokasi ini di media sosial. Nam Xay terletak di dekat Blue Lagoon 1 dan puncaknya dapat didaki dengan estimasi sekitar 30 menit. Untuk mencapai Nam Xay, kamu bisa berkendara sekitar 30 menit dari pusat kota.

Vang Vieng
Foto: vietnamsensetravel.com

Destinasi terakhir adalah Gua Tham Chang. Di sini kamu bisa memasuki perut bumi dengan menelusuri Gua Tham Chang yang dapat diakses dengan berjalan sejauh 30 menit melewati jembatan gantung merah yang ikonik. Gua ini juga sudah dilengkapi dengan trek untuk berjalan dan pencahayaan yang memadai, sehingga memberikan pengalaman caving yang dramatis.

Gua Tham Chang buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 dengan tiket seharga 15.000 kip dan biaya masuk melewati resor 2.000 kip. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa berkendara sekitar 15 menit dari pusat kota.

Cara Mencapai Vang Vieng
Kamu bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju Vientiane dengan estimasi perjalanan selama 6-11 jam. Begitu tiba di Vientiane, lanjutkan perjalanan menggunakan bus atau minivan dari Northern Bus Station selama 4-5 jam perjalanan dengan tarif sekitar 35.000 - 60.000 kip.

Untuk akomodasi, kamu bisa mencoba menginap di beberapa penginapan rekomendasi seperti Laos Haven Hotel, Chillao Youth Hostel atau Vangvieng Rock Backpacker Hotel.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!