Ini Dia Aneka Sambal Lezat khas Indonesia yang Wajib Dicoba

PegiPegi  4 Minggu, 2 Hari yang lalu 153

Sambal Nusantara
Sumber gambar: Shutterstock

Makan itu kurang nikmat tanpa kehadiran sambal. Mau pedas atau manis, peran sambal cukup vital, apalagi buat sebagian besar orang Indonesia.

Sambal Dabu-Dabu
Dari berbagai jenis sambal yang beredar di Indonesia, nama dabu-dabu sering mencuri perhatian para pecinta kuliner. Cocok untuk teman santap ikan maupun ayam bakar, dabu-dabu punya ciri khas yang nggak bisa ditiru sambal lainnya.

Sambal Korek
Kamu penggemar sajian Bebek Goreng H. Slamet? Pasti nggak asing dengan sambal koreknya. Di sajikan pada piring kecil, sambal ini mengandung cabe rawit merah yang gendut, bawang putih, garam dan minyak goreng panas dan lebih enak lagi bila habis dibuat menggoreng bebek atau ayam.

Sambal Roa
Nah, varian sambal yang satu ini benar-benar spesial. Karena, sambal tersebut menggunakan ikan roa sebagai salah satu dari bahan utamanya, lho. Berasal dari Manado, sambal roa cocok banget dinikmati dengan bubur Manado, lho.

Sambal Uleg
Nah, kalau varian sambal yang satu ini cukup umum ditemukaan di manapun kamu berada. Fungsinya pun beragam, sebagai pendamping makan besar atau juga cocolan camilan. Potongan cabai hijau, merah keriting, rawit dipadukan dengan bawang merah, bawang putih dan tomat bikin sambal yang satu ini berasa mewah. Jangan lupa, hadirnya terasi yang harum menjadi ciri khas sambal uleg.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!