4 Months, 2 Weeks ago

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Dibuka


Sumber: akurat.co

Aktivitas di Gunung Tangkuban Parahu kembali dibuka kemarin, Hari Kamis 1 Agustus 2019. Sebelumnya Gunung Tangkuban Perahu ditutup untuk wisatawan pasca-erupsi yang terjadi pada Jumat 26 Juli 2019 kemarin.

Hal ini dinyatakan oleh Heru Hidayat, salah seorang staf PT Graha Rani Putra Persada selaku pengelola area wisata Gunung Tangkuban Perahu. "Hari ini sudah dibuka kembali. Tadi sekitar pukul 07.30. Sudah bisa dikunjungi," ucap Heru, dikutip dari KompasTravel.

Menurut Heru, kini area Gunung Tangkuban Parahu sudah normal dan kawasan di sekitarnya sudah dibersihkan dari abu vulkanik. Menurutnya, sejak dibuka pagi tadi, banyak pengunjung yang menyambangi kawasan Gunung Tangkuban Parahu.

Hal serupa juga dikatakan oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. "Hari Kamis pagi TWA Gunung Tangkuban Perahu sudah bisa dibuka untuk umum," ujarnya, setelah menggelar rapat koordinasi dengan pihak pengelola, perwakilan PVMBG, BPBD, Bupati Subang, Kepolisian, TNI, dan ASITA, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa kemarin.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat ini menyatakan bahwa Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu akan dibuka kembali untuk umum pada 1 Agustus 2019. Hal ini diputuskan setelah mendapatkan jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengunjung.

Gunung yang berada di Jawa Barat dan terkenal dengan legenda Sangkuriangnya ini dikenal memiliki 9 kawah. Saat erupsi, sempat terjadi kepanikan pada wisatawan dan warga di sekitar Gunung Tangkuban Parahu.

Dari siaran pers saat itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu saat erupsi terjadi, teramati sekitar 200 meter di atas puncak (± 2.284 meter di atas permukaan laut).

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!