2 Months, 2 Weeks ago

Gunung Putri Lembang, Tempat Terbaik Menyaksikan Sunrise

Gunung Putri
Sumber: Instagram @kakadedi

Mencari tempat wisata di Bandung khas alam pegunungan yang indah dan menyegarkan? Tentu saja Lembang adalah jagonya! Gunung Putri adalah salah satu nama pegunungan di Bandung yang lokasinya di Lembang dan tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini asyik buat refreshing karena memiliki pemandangan alam yang indah dan sangat mudah dijangkau dari pusat kota Bandung.

Konon, keberadaan Gunung Putri tidak lepas dari sejarah Gunung Tangkuban Parahu, yaitu Sangkuriang yang sudah melegenda di masyarakat. Gunung Putri ini dipercaya sebagai tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri karena tidak ingin menikahi anaknya sendiri, Sangkuriang. Dari Gunung Putri inilah Sangkuriang menendang perahu yang sudah dibuatnya sampai terbalik dan menjelma menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 mdpl. Biasanya gunung ini digunakan oleh para pendaki pemula untuk melatih fisik mereka. Waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak Gunung Putri pun relatif singkat, hanya 30 menit sudah dapat merasakan semilir angin di puncak gunung.

Gunung Putri
Sumber: Instagram @_kopites_man

Sesampainya di puncak Gunung Putri, traveler dapat langsung mendirikan tenda untuk camping, atau bisa juga memasang hammock jika sekedar berkunjung sebentar.

Sayangnya, di Gunung Putri belum tersedia fasilitas penunjang seperti toilet dan warung di atas sini, sehingga ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman jika berniat untuk bermalam di lokasi ini.
Banyak traveler memilih berkemah di sore hari karena selain bisa mendapatkan momen matahari tenggelam, bisa juga mendapatkan momen matahari terbit.

Beralih dari keindahan alam yang disajikan di puncak Gunung Putri, traveler akan menemukan sebuah bangunan tua yang disinyalir sebagai peninggalan kolonial Belanda. Bangunan ini dikenal dengan Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri. Sayangnya, kondisi bangunan ini memprihatinkan dan terbengkalai.

Ukuran bentengnya lumayan lebar dan luas. Konstruksi bangunan terlihat masih kuat, dimana di bagian atas benteng tertutupi oleh timbunan tanah dan ditumbuhi ilalang serta semak belukar. Benteng ini dibangun Belanda antara tahun 1913-1917, tepat pada masa Perang Dunia pertama.

Gunung Putri
Sumber: Instagram @barukelarrr_

Traveler dapat menyambangi Gunung Putri dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, terdapat alternatif jalan yang dapat diambil, yaitu Jalur Setiabudhi (Ledeng)–Lembang–Gunung Putri.

Dari perempatan alun–alun Lembang, belok kiri ke arah Gunung Tangkuban Parahu. Sekitar 2,5 kilometer setelah melewati Hotel Panorama Lembang dan Grand Paradise Hotel, akan terlihat Jalan Gunung Putri di sebelah kiri. Ambillah jalur kiri tersebut dan masuk ke Kampung Gunung Putri. Traveler dapat menyimpan kendaraan di pos penjagaan/pos tiket.

Sedangkan untuk yang datang dengan kendaaran umum, dari terminal Ledeng naiklah angkot Stasiun–Lembang atau Ciroyom–Lembang atau bus umum ke Subang–Indramayu. Jika berhenti di Lembang, lanjutkan dengan naik angkot Lembang–Cikole atau naik ojek, dan ikuti petunjuk yang sudah disebutkan.

Soal harga tiket, inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang murah. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.7.500 per kepala, sudah bisa menikmati eksotisme Gunung Putri yang dijamin bisa betah berlama-lama. Sedangkan bila tertarik menghabiskan waktu dengan berkemah, perlu membayar restribusi sebesar Rp 17.500.

Ayo jelajah Gunung Putri!

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!