4 Months, 1 Week ago

Gemetar, Sensasi Berjalan di Atas Jembatan Pulau Kalong

Pulau Kalong
Sumber: Instagram @fandistyan



Jogjakarta selalu menarik untuk dijelajahi. Pasalnya banyak destinasi wisata apik, termasuk pantainya yang sangat menawan. Nah di Gunung Kidul, ada pantai bernama Pantai Pulau Kalong. Ada wahana yang bisa bikin jantung berdebar kencang. Seperti apa?

Pantai Pulau Kalong Gunungkidul secara administratif terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gungkidul. Jarak tempuh dari Kota Jogja menuju Pantai Pulau Kalong sekitar 3 jam.

Banyak traveler sepakat bahwa Pantai Pulau Kalong tergolong unik. Di pantai ini, berdiri tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan lautan lepas. Yang paling disorot oleh para traveler adalah wahana kereta gantung dan jembatan yang digunakan untuk menuju Pulau Kalong.

Awalnya dua wahana ini hanya digunakan oleh warga setempat untuk mencari ikan dan lobster. Kini para traveler boleh menggunakannnya untuk merasakan sensasi mendebarkan saat menaiki wahana ini. Dijamin seluruh badan gemeteran ketika berdiri di atasnya.

Pulau Kalong
Sumber: Instagram @budi.bf

Apalagi dentuman ombak yang begitu besar bisa bikin nyali menciut. Banyak traveler yang akhirnya mengurungkan diri meniti jembatan ini. Meski demikian tak sedikit yang memberanikan diri guna mendapat foto selfie yang apik.

Namun jika tidak berani melewati kereta dan jembatan tersebut, traveler bisa memilih untuk berfoto saja. Pulau ini termasuk salah satu destinasi wisata yang memiliki spot foto sangat bagus.

Dahulu di pulau ini terdapat banyak binatang kalong (kelelawar). Itulah mengapa warga setempat menamai pulau tersebut dengan Pulau Kalong.

Keunikan lain dari Pulau Kalong adalah kondisi pulau yang diselimuti dengan semak belukar nan hijau. Pulau Kalong yang indah dan mempesona dengan tanaman hijau dan hembusan angin kencangnya benar-benar bikin betah.

Berdiri di pantai ini, traveler juga bisa menikmati panorama alam yang luar biasa. Jernihnya langit biru, hamparan laut, ombak yang deras, serta batuan kapur yang dihiasi rumput liar, menjadi satu-kesatuan yang ciamik.

Pulau Kalong
Sumber: ardiankusuma.com

Beberapa tips yang perlu diketahui sebelum pergi ke Pantai Pulau Kalong, yaitu gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena kondisi cuaca cukup panas, akses menuju pantai juga masih belum bagus. Selain itu, bawalah bekal dari rumah karena di tempat ini masih jarang fasilitas seperti tempat makan atau restoran.

Terakhir jangan lupa menyiapkan dana untuk membayar harga retribusi dan menaiki wahana kereta dan jembatan gantung. Siapkan juga nyali yang besar saat hendak mencoba serunya meniti wahana ini.

Masuk ke Pantai Pulau Kalong, traveler dibebankan biaya retribusi sebesar Rp. 6.000. Sedangakn untuk harga tiket naik jembatan gantung sebesar Rp. 25.000.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!