Brisik ID  2 Weeks, 6 Days ago

Es Pisang Ijo, Manis, Segar, dan Bikin Kenyang

Es Pisang Ijo
Foto: commons.wikimedia.org

Salah satu makanan sekaligus minuman lezat, pelepas dahaga dan mengenyangkan adalah es pisang ijo. Sesuai dengan namanya, pisang ijo atau pisang hijau ini terbuat dari bahan utama yakni pisang yang berbalut adonan tepung hijau pandan.

Es pisang ijo merupakan sejenis makanan penutup sekaligus cemilan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan yang menyebar dan berkembang di seluruh daerah. Orang Bugis memaknai warna hijau sebagai sebuah lambang keanggunan dan warna sakral. Sedangkan dari sisi psikologi, warna hijau memberikan rasa nyaman dan damai.

Pisang ijo ini berasal dari adonan tepung berwarna hijau sebagai pembungkus pisang. Adonan pisang tersebut terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau atau dari campuran daun suji atau daun pandan. Pisang yang dibalut adonan tepung hijau tersebut kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Es pisang ijo juga memiliki perpaduan warna hijau dan putih. Warna putihnya berasal dari bubur sumsum dan fla santan sebagai kuah. Terlebih lagi, jajanan ini disajikan dengan sirop berwarna merah yang menggoda. Sirop yang digunakan biasanya cocopandan.

Es pisang ijo merupakan salah satu jajanan yang cukup populer, apalagi dengan adanya penambahan menu lain seperti susu, keju, biskuit, roti, serutan kelapa dan lainnya. Selain itu harganya terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai penjuru dari mulai di pinggir jalan hingga restoran.

Mau bikin sendiri di rumah? Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan yaitu seperti tepung beras, tepung sagu, gula pasir, santan, daun suji atau daun pandan, garam, pisang raja, sirop cocopandan, serta es batu.

Cara penyajiannya, masukkan bubur sumsum putih, beri serutan es batu dan susu kental manis. Potong pisang ijo lalu tuangkan sirop cocopandan dan kuah fla santan.

Es Pisang Ijo
Foto: food.detik.com

Saat ini terdapat banyak modifikasi es pisang ijo. Meski namanya pisang ijo, ada beragam warna lain selain warna hijau, seperti merah, kuning, ungu, dan warna lainnya. Selain itu, ada variasi baru dalam pewarnaannya seperti es pisang ijo pelangi yang menggunakan sari buah sebagai pewarna adonan. Misalnya warna kuning dari mangga, oranye dari, ungu dari ubi, dan sebagainya. Modifikasi lainnya yaitu es pisang ijo mutiara, es pisang ijo toping kacang, es pisang ijo tepong meses, es pisang ijo kelapa muda dll.

Seporsi es pisang ijo dibanderol dengan harga Rp 3000 dalam gelas kecil, tergantung tempatnya. Sedangkan semangkuk es pisang ijo dibanderol dengan harga Rp 5000.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!