Edelweis, Bunga Abadi yang Tak Boleh Dipetik

Get Lost  4 Minggu, 4 Jam yang lalu 28

Edelweis
Sumber Gambar : getlost.id

Baru-baru ini, viral video pejalan wanita yang memetik bunga edelweis di jalur pendakian Gunung Lawu, padahal sudah diingatkan sesama pejalan yang merekam aksi tidak bertanggung jawab tersebut. Masih banyak yang tidak tahu bahwa bunga edelweis yang ditemukan 200 tahun lalu di Indonesia, merupakan tanaman langka yang dilarang untuk dipetik.

Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, disebutkan bahwa edelweis dilindungi dan jenisnya adalah Anaphalis javanica. Seseorang yang memetik bunga Edelweis melanggar UU Nomor 41 Tahun 1999, dengan ancaman penjara paling lama satu tahun dan denda maksimal Rp50 juta.

Namun, perihal sanksi yang dikenakan pada pelanggar tergantung kebijakan pengelola wisata gunung. Seperti kasus pemetikan bunga edelweis di Gunung Lawu, pelaku dilarang memasuki semua jalur pendakian Gunung Lawu dan hukuman fisik push up 100 kali. Tiga tahun sebelumnya, lima pendaki yang mencabut bunga edelweis di Gunung Rinjani dikenai larangan mendaki di pintu masuk pendakian, baik di Desa Sembalun maupun Senaru.

Banyak yang tidak mengenal edelweis adalah bunga langka yang tak boleh dipetik. Penting untuk mengetahui keistimewaan bunga ini sebelum menemukannya secara langsung saat mendaki. Edelweis dilarang untuk dipetik karena tumbuh di kawasan konservasi dan sesuai undang-undang yang berlaku, segala tumbuhan dan hewan yang berada di kawasan konservasi dilindungi.
 


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!