5 Months, 3 Weeks ago

Cagar Biosfer Dunia Baru di Nusa Tenggara Barat

Moyo
Sumber: beritagar.com

Kabar baik datang dari kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya, Kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora (Samota) di NTB akan diresmikan sebagai salah satu cagar biosfer dunia. Ketiga tempat ini memang memiliki keunggulan yang telah diakui internasional.

Rencananya, peresmian kawasan ini sebagai cagar biosfer dunia akan dilakukan dalam The International Co-ordinating Council of The Man and The Biosphere Programme (MAB-ICC) UNESCO di Paris, Prancis, pada 17-21 Juni 2019.

Adapun faktor yang mendorong dijadikannya Samota sebagai cagar biosfer adalah keberadaan bukit dan pegunungan yang di dalamnya terdapat berbagai flora dan fauna yang dilindungi. Samota juga merupakan lokasi dari Gunung Tambora, bekas salah satu erupsi volcano atau gunung berapi terbesar dalam sejarah peradaban manusia.

Selain itu ada juga kriteria khusus untuk menjadi Cagar Biosfer, salah satunya harus sustainable (pola keberlanjutan) dan yang menjadi catatan penting, cagar biosfer tidak boleh ada illegal hunting, illegal fishing dan illegal logging.

Penetapan Samota sebagai cagar biosfer dunia akan turut mendorong terwujudnya cita-cita konvensi keanekaragaman hayati, menjadi media kerja sama antar pengelola cagar biosfer di seluruh dunia, dapat digunakan sebagai penelitian ilmiah dan pemantauan global serta pelatihan pakar dari seluruh dunia.

Bagaimana Sobat Akato? Indonesia menjadi semakin membanggakan nih!

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!