4 Months, 4 Days ago

Biara Ini Dipercaya Dihuni Oleh Roh Agung

Mount Popa Monastery
Sumber gambar: traveltimeturtle.com

Pernahkah Sobat Akato mendengar mengenai Mount Popa Monastery atau Biara Gunung Popa? Untuk mencapai tempat ini, kamu akan menempuh 777 langkah mendaki di Gunung Popa, Myanmar. Terdengar mudah bukan? Tapi percayalah Sobat Akato, langkah-langkah yang kamu tempuh ini tidaklah semudah yang kamu kira. Pasalnya, kawanan monyet yang "menjaga" anak tangga di sepanjang perjalanan akan "menyerang" kamu.

Kawanan monyet yang hidup di sana memang merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tapi jangan terlalu takut dulu, karena yang mereka incar bukanlah keselamatan kamu, melainkan makanan-makanan yang kamu bawa. Jadi waspadalah terhadap barang-barang bawaan kamu, terutama makanan, jika kamu mengunjungi tempat ini.

Mount Popa Monastery
Sumber gambar: atlasandboots.com

Mount Popa Monastery dibangun di atas gundukan vulkanik yang terbentuk akibat adanya gunung berapi aktif di dekatnya, Gunung Popa. Gundukan ini tinggi 737 meter di atas permukaan air laut dan sangat menarik perhatian orang-orang yang memandangnya dari kejauhan. Jika kamu melihatnya dari dasar tebing, biara ini seolah-olah memancarkan sinar keemasan karena cahaya sinar matahari. Sungguh indah!

Kamu tidak perlu takut kelelahan jika kamu ingin mencapai tempat ini. Di sepanjang anak tangga menuju puncak, kamu akan menemukan banyak kuil-kuil kecil. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat sekaligus melakukan refleksi spiritual sambil menikmati keindahan dan suasana alam sekitar.

Ada mitos menarik mengenai tempat ini. Diyakini oleh banyak orang bahwa tempat ini dihuni oleh Nats Agung. Menurut kepercayaan Buddhis Burma, nats adalah kelompok beragam roh, mulai dari penjaga pribadi hingga roh hutan. Sebelum agama Budha masuk ke sini, masyarakat setempat memuja nats. Ketika agama Budha mulai masuk ke Burma pada abad ke 3 sebelum masehi, agama Budha berasimilasi dengan kepercayaan setempat.

Mount Popa Monastery
Sumber gambar: goodfon.com

Nats Agung merupakan kelompok khusus yang terdiri dari 37 nats dan meliputi banyak aspek di Burma. Dikatakan 37 nats agung ini pada awalnya adalah manusia yang meninggal dengan tragis. Meskipun terdapat 37 Nats Agung, dikatakan hanya 4 yang mendiami lokasi ini. Mereka adalah Maung Tint Dai, Saw Me Yar, Byatta dan Mai Wunna. Masing-masing memiliki cerita sendiri tentang cara mereka menjadi nats.

Nah jika kamu tertarik ke biara ini, kamu harus menempuh sehari perjalanan dari Bagan. Tempat ini sudah cukup populer sehingga banyak orang di Bagan yang dengan senang hati akan menunjukkan jalan untuk kamu.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!