2 Months, 1 Day ago

Ban Gioc Waterfall, Keindahan Alam yang Kurang Dikenal Dunia

Ban Gioc Waterfall
Sumber gambar: hanoibackpackerspalace.com

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal akan keindahan alamnya. Jika kamu mendengar kata Vietnam, mungkin yang pertama kali terlintas di kepala kamu adalah Ho Chi Min City, Hanoi, Ha Long Bay atau tempat-tempat wisata populer lainnya. Kali ini Akato akan mengulas satu destinasi wisata di Vietnam yang mungkin jarang terdengar, namun keindahannya dijamin akan selalu terkenang di ingatanmu.

Nama tempat ini adalah Ban Gioc Waterfall atau air terjun Ban Gioc, sebuah air terjun yang memiliki salah satu pemandangan alam terbaik di Vietnam. Tempat ini terletak di sebelah timur laut propinsi Cao Bang. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan lebar 300 meter, membuat Ban Gioc Waterfall menjadi air terjun terlebar di negara ini. Limpahan berkubik-kubik air dari tempat ini berasal dari sungai Quay Son, sebuah sungai dengan air berwarna biru jamrud berkilau yang mengalir dari Cina, melewati area persawahan dan rumpun bambu, dengan susunan bebatuan kapur yang pastinya menambah keindahan alam di sana.

Meskipun akses jalanan ke tempat ini sudah cukup baik dan cukup banyak terkoneksi dengan transportasi umum, Ban Gioc sendiri masih merupakan lokasi yang relatif terpencil dan kurang terdengar di kuping para traveler. Tempat ini belum cukup populer untuk dikunjungi turis secara masal. Selain akhir pekan dan musim liburan, kamu akan jarang menemukan adanya wisatawan di tempat ini.

Ban Gioc Panorama
Sumber gambar: vietnamcoracle.com

Di Ban Gioc, kamu akan menemukan sungai Quay Son yang berperan sebagai batas antara Cina dan Vietnam. Secara topologi, sebenarnya air terjun Ban Gioc ini terbagi 2, satu bagian di Vietnam dan satu bagian lagi di Cina. Kedua negara menyediakan fasilitas wisata rakit bambu yang membawa para wisatawan menikmati keindahan alam secara langsung. Bahkan kamu bisa berjabat tangan dengan para wisatawan yang menaiki rakit dari Cina lho. Sungguh suatu pengalaman yang unik bukan?

Ban Gioc Waterfall terletak sekitar 360 km dari Hanoi dan bisa dicapai melalui jalan raya menuju kota Cao Bang. Tidak perlu kuatir karena jalan raya yang ada menghubungkan kota-kota di sini sudah cukup bagus jadi kamu bisa melalui perjalanan dengan nyaman.

Sebelum kamu mencapai Ban Gioc Waterfall, kamu akan melihat sungai Quay Son melintas membelah lembah yang dipenuhi karst dari batu kapur. Pemandangan ini sangat indah dan kamu harus mengabadikannya dengan kamera atau ponsel kamu. Di sini terdapat gua batu kapur yang luar biasa yang disebut gua Nguom Ngao dan kamu bisa memasukinya dengan membayar tarif yang cukup murah, yakni sekitar 2$ US. Kamu bisa menikmati petualangan melalui setapak sepanjang satu kilometer melalui gua-gua, yang terbentuk dengan sangat indah dan mengesankan. Namun kamu harus berhati-hati karena jalurnya bisa sangat licin.

Ngum Ngao Cave
Sumber gambar: vietnamcoracle.com

Semakin kamu masuk ke dalam, ketenangan lembah ini tiba-tiba berubah ketika aliran sungai Quay Son mencapai tepian batu kapur selebar 300 meter dan turun tajam ke beberapa lapisan batuan yang membentuk teras, menciptakan air terjun Ban Gioc. Pemandangan yang terpapar di sini sungguh sangat spektakuler dan menghapus lelah yang kamu alami setelah perjalanan panjang.

Karena Ban Gioc Waterfall berada tepat di perbatasan Cina, para turis asing biasanya memerlukan izin khusus untuk mengunjungi daerah itu. Tetapi terkadang kamu bisa datang dan membeli tiket seharga $2 US di loket tanpa dokumen sama sekali. Setelah kamu memiliki tiket, kamu bisa berjalan menyusuri jalan berbatu menuju air terjun.

Ban Gioc Waterfall
Sumber gambar: asianwaytravel.com

Jalan setapak melewati sawah, jembatan kayu di atas sungai kecil dan lapangan terbuka berumput hiau di bagian bawah air terjun merupakan pengalaman yang tidak boleh kamu lewatkan. Pemandangan terbaik adalah dari kuil dan pagoda di puncak bukit yang baru dibangun di sisi selatan jalan, di seberang air terjun.

Kamu bisa menaiki rakit bambu seharga 2$ US per orang untuk pergi lebih jauh ke tengah sungai. Di sana kamu bisa mendapatkan pemandangan yang lebih indah. Dan meskipun banyak tanda larangan berenang menggunakan bahasa lokal, pada kenyataannya kamu bisa berenang di sana tanpa mendapatkan teguran. Meskipun demikian, Akato menyarankan kamu tetap menaati peraturan ya Sobat Akato.

Bagaimana? Sudah siap memesan tiket ke Vietnam sekarang?

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!