Ayam Goreng Afrika, Empuknya Bikin Nagih

Akato  1 Tahun, 4 Bulan yang lalu 5,815

Ayam Afrika
Sumber: Instagram @andrywp

Tak sulit menemui makanan khas mancanegara di Jakarta. Pasalnya sudah banyak tempat makan yang menyajikan masakan dengan cita rasa negara-negara di dunia.

Nah buat kamu para pecinta ayam goreng, wajib mencicipi kudapan yang ditawarkan oleh kedai bernama Warung Ayam Afrika. Yup, warung ini terletak di Jl. Kebon Sirih Timur No. 158, Menteng, Jakarta Pusat. Kamu bisa mencicipi makanan khas Afrika yang terletak di pinggir jalan.

Lokasinya memang di pinggir jalan kecil, bahkan jika datang membawa motor parkirnya di trotoar. Jadi sangat tidak disarankan ke sini bawa mobil. Kedai ini selalu ramai di jam berapa pun karena melayani pesanan nasi kotak dan layanan delivery.



Kedai minimalis ini memang menjual ragam makanan "benua hitam". Ayam Afrika menyuguhkan beberapa menu goreng, seperti ayam goreng, ikan kerapu goreng, dan juga kambing goreng. Semua masakan diracik dengan resep Afrika.

Sebenarnya rasa ayam yang ditawarkan terbilang umum, mirip dengan ayam goreng rumahan atau pecel lele di pinggiran jalan. Namun, yang membedakan adalah saat pelayan menyajikan hidangan di meja makan. Potongan ayam seperti 'dikubur' oleh irisan bawang putih goreng dengan ukuran besar-besar, lalu dibumbui garam. Alhasil bawang terasa gurih dengan teksturnya kenyal dan sedikit lembab.

Ayam Afrika
Sumber: Instagram @poser.analog

Dari penuturan pemilik warung, resep ayam afrika ini sedikit dirubah dari resep asli. Hal ini untuk menyesuaikan selera orang Indonesia ketika menyantap panganan goreng bersama bahan dapur, khususnya bawang putih. Aslinya orang Afrika lebih suka fresh union, namun bagi orang lokal bawang lebih sedap disantap bila sudah digoreng.

Kendati demikian, panganan ini tetap megandung unsur Indonesia lantaran dilengkapi sambal terasi. Ada juga bumbu kacang yang disaji terpisah pada satu mangkuk kecil.

Sudah 15 tahun warung makan ini berdiri. Hingga kini masih banyak wisatawan asing yang makan di kedai ayam ini, terutama dari Afrika.

Ayam Afrika
Sumber: pergikuliner.com

Ayam goreng di Ayam Afrika dibanderol cukup terjangkau, hanya Rp 18.000 per porsinya, sudah dengan nasi. Sementara kambing goreng dijual Rp 50.000 per porsi dan ikan kakap merah dijual Rp 60.000 setiap 60 ons.

Bila tertarik menjajal makanan ini, kamu perlu melipir di Jalan Kebon Sirih Timur. Jaraknya tak terlalu jauh dari Stasiun Gondangdia, hanya sekitar 10 menit jalan kaki.

O iya, Warung Ayam Afrika ini buka terus selama 24 jam lho.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!