1 Month, 2 Weeks ago

Apa Saja Sih Bahaya Dari Erupsi Gunung Berapi?

Volcano

Gunung Tangkuban Perahu baru saja mengalami erupsi pada hari Jumat 26 Juli 2019 kemarin. Berdasarkan pantauan lapangan, kolom abu mencapai ketinggian 200 meter di atas puncaknya.

Nah, penting bagi Sobat Akato untuk mengetahui apa saja bahaya dari erupsi gunung berapi. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahaya erupsi gunung berapi dan cenderung nekat untuk tetap datang untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu atau memposting foto untuk sosial media. Padahal aktivitas tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Melalui artikel ini, Akato ingin berbagi apa saja bahaya dari erupsi gunung berapi. Ketika erupsi, gunung berapi akan menyemburkan awan panas. Awan panas adalah aliran material vulkanik panas yang terdiri ata batuan berat, ringan (berongga) lava masif, dan butiran klasik yang pergerakannya dipengarungi gravitasi dan cenderung mengalir melalui lembah.

Selain itu ada pula bahaya dari campuran material erupsi antara gas dan bebatuan yang terdorong ke bawah akibat densitas tinggi. Suhu material bisa mencapai 300-700 celcius, kecepatan awan panas lebih dari 70 km per jam. Tidak bisa dibayangkan bukan apabila material tersebut mengenai tubuh manusia?

Selain itu ketika erupsi, gunung berapi juga menyemburkan gas beracun, gas vulkanik yang dapat mematikan seketika apabila terhidup tubuh. Gas tersebut antara lain Co2, So2, H2S, HCl, HF, H2SO4. Yang mengerikan adalah, gas tersebut biasanya tidak berwarna dan tidak berbau. Hiii!

Ada pula lontaran material dari kawah gunung berapi. Lontaran material ini terjadi ketika letusan magmatic berlangsung. Suhunya bisa mencapai 200 celcius, diameter lebih dari 10 cm dengan daya lontar ratusan kilometer. Ada pula hujan abu, material abu tampak halus dan bergerak sesuai arah angin. Hembusan abu dan lontaran material ini pastinya berbahaya bagi mereka yang ingin tahu dan berada di dalam zona bahaya.

Jadi Akato ingin menghimbau teman-teman sekalian, waspadalah jika terjadi erupsi gunung berapi. Batalkan dulu rencana kamu dan lebih baik bersiaga di lokasi yang aman. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan himbauan lembaga resmi terkait mengenai situasi terkini ya.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!