Alas Purwo, Hutan Indah yang Diselimuti Nuansa Mistis

Brisik.id  7 Bulan, 3 Minggu yang lalu 237

Alas Purwo
Foto: brisik.id

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah daerah yang menyimpan begitu banyak keanekaragaman, mulai dari keindahan alam yang ditawarkan hingga cerita-cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Untuk bisa menikmati langsung sensasi keduanya, Anda bisa berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo, yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Tiket masuknya hanya sebesar 5 ribu rupiah di hari kerja dan 7.500 di hari libur atau akhir pekan.

Keindahan Alam Taman Nasional Alas Purwo
Alas Purwo adalah suatu taman nasional yang memiliki luas sekitar 43.400 hektar, dengan topografi berbentuk datar dan puncak tertingginya 322 mdpl di Gunung Lingga Manis. Layaknya alas atau hutan pada umumnya, di Alas Purwo akan ditemukan berbagai tumbuhan. Menurut catatan, setidaknya ada 584 jenis tumbuhan yang berada kawasan hutan tersebut. Alas Purwo juga memiliki keanekaragaman fauna, mulai dari burung merak, burung rangkok, burung cucak ijo, banteng, rusa, kera abu-abu, hingga harimau tutul.

Ada Pantai Eksotis
Jika melipir ke arah selatan, Anda juga akan menemui beberapa deretan pantai yang sangat eksotis, berbalut lautan biru dan ganasnya ombak dari pantai selatan. Salah satu pantai yang menjadi daya tarik dari Taman Nasional Alas Purwo adalah Pantai Trianggulasi. Namun sayang, para pengunjung dilarang berenang di pantai karena ombak yang terlalu besar dan banyaknya bebatuan karang yang runcing sehingga sangat membahayakan keselamatan.

Alas Purwo
Foto: brisik.id

Suasana Mistis di Taman Nasional Alas Purwo
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain menawan Alas Purwo juga dikenal karena memiliki aura mistis yang sangat kuat. Bahkan para pengunjung bisa langsung merasakan aura mistis begitu memasuki pintu gerbang Alas Purwo, di mana suasana sepi akan langsung menghampiri, berbalut pepohonan rindang dan suara-suara hewan liar yang saling bersahutan.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, para pengunjung dilarang menoleh ke belakang jika ada suara misterius yang memanggil. Jika dilanggar, risikonya adalah mereka akan dibawa oleh makhluk halus ke dimensi alam yang berbeda.

Menurut kepercayaan, Alas Purwo adalah tempat berkumpulnya para makhluk halus dan menjadi kerajaan jin terbesar di Pulau Jawa. Sehingga ada mitos yang mengatakan bahwa para pengunjung harus selalu menjaga tutur kata dan perbuatan agar tidak menyinggung makhluk halus penghuni Alas Purwo.

Bagi yang melanggar, mereka akan disesatkan oleh makhluk halus dan tak akan bisa keluar dari Alas Purwo. Mitos itu semakin berkembang seiring dengan banyaknya para pengunjung yang tersesat dan tak pernah kembali dari Alas Purwo pada zaman dahulu.

Alas Purwo
Foto: brisik.id

Tempat Favorit Bersemedi
Dibalik rimbunnya hutan, ternyata Alas Purwo juga memiliki cukup banyak gua, bahkan totalnya mencapai 40, dan yang terkenal adalah Gua Istana, Gua Padepokan, serta Gua Mayangkoro. Konon, setiap gua memiliki penunggu yang tak kasat mata dan menjadi lokasi semedi bagi mereka yang ingin mencari pesugihan atau ilmu hitam. Bahkan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, konon pernah bersemedi di salah satu gua Alas Purwo, untuk bertemu dengan sang penguasa pantai selatan, Ratu Nyi Roro Kidul.

Berhubungan dengan Penciptaan Pulau Jawa
Sementara itu, menurut legenda kuno, penciptaan Pulau Jawa berasal dari hutan yang satu ini. Oleh sebab itu tempat ini dinamakan sebagai Alas Purwo, yang berarti Hutan Pertama atau Permulaan. Cerita lain mengatakan bahwa Masjid Agung Demak memiliki keterkaitan erat dengan Alas Purwo. Konon, masjid yang dibangun oleh para wali itu salah satu dari keempat tiangnya diambil oleh Sunan Kalijaga dari pohon jati di Alas Purwo.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!