2 Months, 3 Weeks ago

Air Terjun Langkuik Tinggi, Surganya Para Pencinta Alam

Languik Tinggi
Sumber: Instagram @tomybudiarto

Selain Padang, Bukittinggi juga merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Sumatera Barat. Tercatat, ada sejumlah tempat wisata yang kerap ramai dikunjungi traveler baik lokal maupun mancanegara. Sebut saja Jam Gadang, Museum Bung Hatta, Ngarai Sianok, Istana Pagaruyung, Janjang Saribu, dan masih banyak lagi.

Namun, selain tempat-tempat wisata yang sudah terkenal itu, Bukittinggi sebenarnya masih menyimpan banyak tempat wisata tersembunyi yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya adalah Air Terjun Languik Tinggi. Seperti apa?

Air Terjun Languik Tinggi adalah tempat wisata yang paling cocok bagi traveler yang suka dan cinta banget sama alam. Dan buat yang suka mandi dengan air yang sejuk nan jernih maka inilah tempat paling cocok untuk memanjakan diri dengan airnya yang menyejukkan.

Posisi air terjun ini berada agak kedalaman. Tentu saja beragam rintangan dan hambatan menuju titik lokasi wisata air terjun bakal melengkapi perjalanan traveler. Adapun lokasi tepatnya ada di Kabupaten Agam, Kecamatan Malalak, Sumatera Barat, tepatnya di Jorong Nyiur, Malalak Selatan.

Languik Tinggi
Sumber: explorewisata.com

Sekadar informasi, Jorong Nyiur sendiri terletak di jalur alternatif Padang-Bukittinggi. Dari Kota Bukittinggi, air terjun ini berselang 40 km dan bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jika bertolak dari Kota Padang, traveler harus menuju Terminal Sicincin terlebih dahulu. Setelah tiba di terminal akan menemukan persimpangan, lalu belok kiri menuju arah ke Koto Mambang. Setibanya di Koto Mambang, perjalanan dilanjutkan ke arah Tandikek. Kemudian, akan bertemu Balai Akiak, lalu belok kanan dan akan sampai di Jorong Nyiur.

Setibanya di posko, traveler tidak akan langsung menemukan Air Terjun Langkuik Tinggi. Pasalnya masih harus melewati perjalanan selama sekitar 1,5 km. Perjalanan ke air terjun bakal melewati sungai, hutan, sawah, dan lainnya. Traveler pun akan melewati perkebunan dengan kemiringan hingga 70 derajat. Tetapi, tidak usah khawatir dengan trek ini, karena pengelola sudah menyiapkan pijakan dan tali untuk bergantung demi keamanan.

Languik Tinggi
Sumber: explorewisata.com

Air Terjun Langkuik Tinggi sebenarnya menyajikan lima air terjun yang memiliki ketinggian berbeda dan keunikan masing-masing. Menurut kesaksian beberapa warga setempat, di Kecamatan Malalak sendiri terdapat total 17 air terjun. Nah, salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Air Terjun Langkuik tinggi ini.

Air Terjun Langkuik Tinggi menyuguhkan pesona keindahan alam yang luar biasa. Lokasi ini juga menjadi spot oke untuk traveler yang menyukai petualangan dan tantangan alam.

Bagi warga sekitar, Air Terjun Langkuik Tinggi juga kerap dijadikan sebagai tempat menyegarkan diri selepas beraktivitas seharian di ladang. Pasalnya, aliran air terjun di tempat ini cukup deras dan sangat menyegarkan badan. Tidak hanya itu, sensasi udara yang sejuk di sekitarnya juga sangat terasa.

Konon, air terjun tertinggi mencapai 100 meter, sehingga menimbulkan aliran air yang amat deras. Dari radius 15 meter saja, cipratan air terjun sudah terasa, bahkan bisa membuat pakaian basah kuyup. Debit air yang deras dan mengalir tanpa henti, menjadi kesan tersendiri bagi traveler yang menyaksikannya. Suara air terjun yang jatuh membentur dasar darat terdengar begitu kencang dan berisik.

Languik Tinggi
Sumber: adhanatour.blogspot.com

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Langkuik Tinggi. Selain melihat panorama air terjun, bersantai, dan menghirup udara segar di sekitar, traveler juga bisa bermain air atau berenang. Namun, harus selalu hati-hati jika bermain air di tempat ini, mengingat aliran air sungai yang cukup deras.

Perjalanan menuju air terjun Langkuik Tinggi ini memang sangat menantang, namun bila sudah sampai di lokasi iar terjun, maka rasa penat dan letih akan hilang dengan sendirinya. Menyaksikan air terjun dengan pemandangan yang sangat indah tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Lalu, berapa harga tiket masuk jika wisatawan ingin berkunjung ke Air Terjun Langkuik Tinggi? Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, traveler dapat membeli tiket di posko atau loket depan dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp5.000 per orang. Apabila membawa kendaraan bermotor, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 per sepeda motor.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!