Brisik ID  3 Weeks, 5 Days ago

Air Terjun Coban Cakung yang Masih Perawan

Coban Cakung
Foto: brisik.id

Kota Mojokerto, Jawa Timur dikenal sebagai pusat kerajaan Majapahit di masa lampau. Di sana banyak ditemukan benda-benda atau bangunan bekas peninggalan kerajaan, mulai dari candi, sendang atau pemandingan, pusaka, hingga arca-arca kuno.

Selain itu, Mojokerto juga memiliki pemandangan alam yang cukup menawan, di mana mayoritas lokasinya berada di kawasan dataran tinggi Pacet dan Trawas. Layaknya dataran tinggi pada umumnya, kawasan Pacet dan Trawas juga didominasi oleh perbukitan dan hutan pinus, ditambah lagi ada beberapa air terjun yang cukup menggoda sekaligus menawan. Nah, di Pacet ada air terjun tersembunyi yang masih perawan, yaitu Air Terjun Coban Cakung.

Baru Ditemukan
Air terjun yang berada di Dusun Cembor, Desa Cembor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur itu tergolong sebagai destinasi wisata baru, karena baru ditemukan sekitar awal tahun 2018 yang lalu oleh warga sekitar. Jadi jangan heran, apabila akses jalan menuju ke lokasi air terjun masih belum dikatakan layak, banyak semak belukar dan jalanan setapak yang rusak. Sementara soal nama, sampai saat ini belum diketahui secara pasti asal muasal dari nama Air Terjun Coban Cakung. Akan tetapi menurut cerita dari warga sekitar, nama ‘Cakung’ diambil dari nama sesepuh daerah tersebut di zaman dahulu.

Rute Menuju Air Terjun Coban Cakung
Cukup sulit untuk menemukan lokasi Air Terjun Coban Cakung, karena statusnya sebagai destinasi wisata yang baru ditemukan. Untuk menuju ke sana, Anda harus mencari Desa Cembor, Pacet, setelah itu masuk menuju ke masjid desa yang berada di sebelah kiri jalan, untuk kemudian meneruskan perjalanan melewati jalan setapak kurang lebih sejauh 500 meter. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, para pengunjung harus treking selama 20 hingga 30 menit.

Coban Cakung
Foto: brisik.id

Ada dua pilihan jalur yang bisa digunakan, jalur pertama dengan waktu tempuh sekitar 20 menit, atau menggunakan jalur kedua yang cukup ekstrem dengan waktu tempuh hanya 10 menit. Jalur kedua cukup cepat, karena merupakan jalur evakuasi dengan mengambil rute yang memotong. Namun, harus berhati-hati jika memilih jalur yang kedua, karena Anda akan beberapa kali dihadapkan pada turunan yang cukup terjal, dan Anda hanya bisa berpegangan pada akar-akar pohon di sekitar.

Banyak Lintah Air
Tak banyak dijamah manusia membuat kondisi alam di Air Terjun Coban Cakung benar-benar masih alami. Anda juga disarankan untuk berhati-hati, karena pada beberapa titik jalur menuju air terjun terdapat banyak lintah air. Apabila Anda terkena lintah air, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menaburi kulit mereka dengan garam.

Pesona Air Terjun Coban Cakung
Walau pun harus dihadapkan pada medan yang lumayan berat serta bahaya akan lintah air, keindahan Air Terjun Coban Cakung tak pernah mengecewakan. Air terjun dengan tinggi sekitar 50 meter itu memiliki aliran air yang sangat jernih dan menyegarkan.
Coban Cakung
Foto: brisik.id

Tepat di bawah guyuran air terjun terdapat kubangan yang bisa digunakan para pengunjung untuk sekadar berenang atau bermain air. Di depan air terjun juga terdapat batu raksasa, yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan alam sekitar. Kondisi air terjun yang dikelilingi oleh tebing dan tanaman hijau juga membuat suasana di Air Terjun Coban Cakung terasa sangat sejuk, sehingga bisa membuat Anda betah berlama-lama di sana.


Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!