3 Weeks, 2 Days ago

9 Makanan Terbaik yang Bisa Kamu Temui di Yangon, Myanmar

Sebagai traveler, kita semua mengetahui bahwa makanan terbaik di suatu negara seringkali ditemukan di jalan-jalan negara tersebut alias street food. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Yangon, Myanmar - maka mencoba jajanan pasar atau street food merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan.

Makanan di Yangon banyak terpengaruh dari berbagai kultur seperti Chinese, Indian, Thai dan Vietnamese. Sungguh kaya akan rasa!

Ulasan mengenai street food di Yangon ini akan kita mulai dari Maha Bandoola Park yang terletak tepat di samping Sule Pagoga yang sangat terkenal itu. Apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

Samosa Salad

Samosa Salad

Anda dapat menemukan banyak kedai jajanan pinggir jalan dengan kursi-kursi plastik yang menjual Samosa Salad, cocok untuk sekedar quick bite sambil menikmati sore yang indah. Samosa digoreng dan dipotong-potong dengan campuran daging ayam, kol dan kentang. Jika Anda suka pedas, jangan lupa minta bubuk cabe untuk ditabur di atasnya.

Street Pancakes

Street Pancakes

Jika Anda berjalan menuju sisi yang lain dari Sule Pagoda, tepatnya di jalan kecil di antara Sule Pagoda dan 33rd street, Anda akan menemukan banyak penjaja makanan pinggiran. Di sini Anda bisa menemukan kios yang menjual pancake, yang dikatakan sebagai yang terbaik di Yangon.

Pancake di tempat ini masih sangat fresh karena langsung dibuat berdasarkan pesanan. Teksturnya sangat lembut di tengah dan agak crispy di sisi luar. Anda juga dapat memilih topping, baik itu telur ataupun taburan kacang. Harganya? Di bawah Rp 10,000 saja!

Dosa Sandwich

Dosa Sandwich

Tepat di sampingnya, Anda bisa menemukan gerobak yang menjual "Gangster Sandwich" - sebuah pancake ala India yang sangat tipis dan crispy. Makanan ini disajikan dengan kol, buncis dan campuran saus manis dan gurih.

Dosa Sandwich disajikan dalam potongan-potongan kecil sehingga mudah untuk masuk ke dalam mulut.

Mont Lin Ma Yar

Mont Lin Ma Yar

Makanan ini cukup populer di Yangon, dimana makanan ini akan mengingatkan Anda akan takoyaki dari Jepang. Bedanya Mont Lin Ma Yar diisi dengan buncis, daun bawang, lada dan telur. Selain itu ada juga topping seperti tomat, buncis atau beberapa topping lainnya - yang pastinya akan menambah rasa dari cemilan ini.

Salad Daun Teh (Lephet Thote)

Lhepet Thote

Kuliner ciri khas suku Burmese lainnya adalah daun teh yang disajikan sebagai salad. Biasanya menggunakan daun Pennywort yang memiliki rasa sedikit pahit namun sangat pas jika dicampur dengan saus salad. Ditambah campuran tomat potong, kol dan kacang - Lephet Thote sangat sedap di mulut terutama ketika bercampur dengan saus salad dan irisan lemon.

Salah satu kios jalanan yang menjual makanan ini dan sangat terkenal adalah Shwe Shan Lay restaurant yang terletak di Latha street.

Fried Chickpea Tofu (Tahu Buncis Goreng)

Tofu

Melihat beberapa makanan di atas, pastinya Anda menyadari bahwa suku Burmese sangat menyukai buncis. Di Myanmar, Anda bisa menemukan buncis dimana-mana. Di sup, cemilan, gorengan dan berbagai makanan lainnya.

Di Anawrahta road, Anda akan menemukan berbagai jenis cemilan yang digoreng. Pisang goreng, buncis goreng dan aneka gorengan unik lainnya bisa Anda temukan di sini.

Mohinga

Mohinga

Mohinga adalah makanan khas dari suku Burmese. Anda dapat menemukan makanan ini di seluruh penjuru negara Myanmar.

Makanan ini berupa mie dari beras yang disajikan dengan daging ikan, buncis dan berbagai bumbu lokal lainnya. Jika Anda berkunjung ke Myanmar, makanan ini wajib untuk Anda coba.

Shan Noodles

Shan Noodles

Jika Anda menyukai mie dengan rasa yang ringan, Anda mungkin akan menyukai Shan Noodles. Mie ini disajikan dengan tomat dan ayam, ditaburi kacang dan sedikit kunyit.

Makanan ini semakin sedap jika disantap dengan beberapa potong fried chickpea tofu atau tahu buncis goreng.

Nasi dan kari

Curry Rice

Kari bukan hanya milik India dan Jepang. Di Myanmar, Anda akan menemukan rasa kari yang cukup unik. Biasanya di sini kari disajikan dengan daging ayam atau babi, atau terkadang sayuran terong.

Kari Myanmar tidak terlalu pedas sehingga dapat dimakan oleh Anda yang tidak menyukai pedas sekalipun. Jika Anda tertarik untuk mencoba kari Myanmar, Anda bisa mencoba mencicipi di Daw Saw Ee restaurant yang terletak di 29th street.

Gimana Sobat Akato? Sudah tertarik mengunjungi Myanmar sekarang?


Sumber gambar: thetravelintern.com


https://thetravelintern.com/best-burmese-street-foods-yangon/
Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!