5 Patung Ikonik di Bali Selain Patung GWK

Akato  2 Tahun, 4 Hari yang lalu 1,713


Sumber image: shutterstock.com

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang memiliki ketinggian kurang lebih 121 meter ini merupakan patung tertinggi di dunia dan disebut sebut juga adalah patung terbesar yang bersaing dengan Patung Liberty di Amerika Serikat.

Ide pembuatan patung ini berasal dari ide I Nyoman Nuarta, dan untuk merampungkannya diperlukan waktu selama 28 tahun.

Selain Patung GWK yang menjadi daya tarik wisatawan, terdapat beberapa patung lainnya menghiasi sudut jalanan di Bali yang juga menjadi sorotan wisatawan saat berkunjung ke Pulau Dewata.

Berikut ini Akato merangkum beberapa patung ikonik Bali selain Patung GWK tersebut yang mungkin bisa menjadi referensi fotografi sahabat Akato saat berkunjung ke Bali.

1. Patung Bayi Sakah


Sumber image: masbrooo.com

Patung yang disebut sebagai simbol kelahiran manusia di muka bumi ini dibangun berdasarkan ide dari Bupati Gianyar pada tahun 1989 yaitu Cokirda Darana.

Selain simbol kelahiran, patung ini juga dijadikan sebagai berwujudan simbol Sang Hyang Siwa Budha yang dihormati dan disakralkan warga Bali.

Kalau kamu mau mengunjungi Patung Bayi Sakah, kamu bisa pergi menuju wilayah simpang tiga Jalan Raya Sakah, Gianyar, Bali.

2. Patung Dewa Ruci


Sumber image: travelingyuk.com

Patung Dewa Ruci dibangun pada tahun 1996 oleh I Wayan Winten. Pada bagian atas dari patung sosok Bima dan Naga Baruna ini terdapat Sang Hyang Acintya yang merupakan perwujudan Dewa Ruci. Sahabat Akato bisa melihat Patung Dewa Ruci ini di perbatasan By Pass Ngurah Rai dan Kuta.



3. Patung Kumbakarna Karebut


Sumber image: shutterstock.com

Patung Kumbakarna Karebut merupakan lambang kesetiaan Kumbakarna yang rela mengorbankan jiwa untuk negaranya Alengka. Patung ini memiliki ketinggian 15 meter dan terbuat dari kayu utuh yang diukir oleh I Wayan Nyungkal dari desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar pada tahun 1975. I Wayan Nyungkal membuat patung ini berdasarkan inspirasi dari kisah Ramayana.

4. Patung Satria Gatotkaca


Sumber image: shutterstock.com

Patung Satria Gatot Kaca didirikan pada tahun 1993 dalam rangka usaha terus memperindah kawasan sekitar Bandara Udara Ngurah Rai. Selain itu patung Satria Gatot kaca ini juga dipercaya dapat memberikan perlindungan spiritual dan keamanan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali.

Patung Satria Gatot Kaca terletak di antara Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Airport Ngurah Rai. Jarak tempuh dari kota Denpasar kira-kira 18 km dan lebih kurang 5 menit perjalanan dari Bandara Udara Ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor.

5. Patung Titi Banda


Sumber image: shutterstock.com

Keberadaan Patung Titi Banda berdekatan dengan desa Budaya Kertalangu, berada di pinggiran kota Denpasar yaitu pada batas paling Timur, seolah menyapa warga yang datang dari belahan Timur Bali yang ingin memasuki wilayah kota Denpasar.

Pada saat malam hari, Patung Titi Banda ini akan semakin terlihat megah dan indah dengan sorotan cahaya lampu. Kamu bisa mengunjunginya Patung Titi Banda ini di batas antara jalan Ida bagus Marta dan By Pass Ngurah Rai, Bali.

Tags:

Featured Video

Berlangganan Newsletter

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!