2 Weeks, 2 Days ago

5 Hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Bali Selain Bermain di Pantai

Ketika kita mengunjungi Bali, hal pertama yang terlintas di dalam pikiran kita adalah keindahan pantai dan birunya laut. Tidaklah mengherankan karena Bali merupakan salah satu destinasi wisata dunia yang terkenal akan keindahan pantai dan lautnya.

Meskipun demikian, masih banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan di Bali dan tidak kalah serunya dengan bermain di pantai-pantainya yang menawan. Apa saja? Yuk simak tulisan di bawah.

Pura Uluwatu

Uluwatu

Mengarah ke Samudra Hindia, Pura Uluwatu menawarkan keindahan pemandangan laut terutama ketika matahari terbenam. Pura Uluwatu menawarkan tebing-tebing yang menawan, tari Kecak dan keindahan bangunan Pura Uluwatu itu sendiri.

Umat Hindu di Bali percaya bahwa pura ini adalah tempat untuk menyembah Siva Rudra, dimana pura ini sendiri dipercaya melindungi pulau Bali dari roh laut yang jahat. Meskipun memiliki nilai religius agama Hindu yang sangat kuat, tempat ini juga terbuka bagi para khalayak ramai.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sebelum matahari terbenang, dimana tebing-tebing yang megah akan diselimuti oleh warna jingga yang sangat indah.

Jika kamu mengunjungi tempat ini, pastikan kamu menjaga dengan baik barang-barang bawaan kamu. Pasalnya, di tempat ini banyak terdapat monyet seringkali nakal dan mengambil barang-barang kamu yang dirasa menarik oleh mereka.

Bali Pulina

Bali Pulina

Pecinta kopi, jangan pernah lewatkan tempat ini ketika kamu berkunjung ke pulau dewata. Di tempat ini kamu bisa menikmati kopi luwak yang ternama itu, langsung dari penangkarannya.

Proses terbentuknya kopi luwak sendiri cukup unik, dimana para luwak memilih sendiri "biji kopi pilihan" dan dimakan oleh mereka. Setelah melalui proses pencernaan, biji kopi tersebut akan dikeluarkan kembali melalui feses.

Konon enzim yang terserap oleh biji kopi ketika berada di dalam pencernaan luwak inilah yang membuat kopi luwak menjadi sangat khas dan nikmat. Biji kopi yang telah dikeluarkan melalui feses akan dibersihkan dan dipanggang di sebuah panggangan besar, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari yang terik.

Di Bali Pulina, selain dapat menikmati kopi luwak, kamu juga bisa mencicipi secara gratis berbagai minuman lainnya seperti teh jahe, kopi cokelat, kopi jahe, kopi vanila dan lainnya.

Rumah Desa

Rumah Desa

Rumah Desa adalah sebuah desa wisata yang mempertunjukkan berbagai aspek budaya yang ada di pulau Bali, mulai dari masakan khas Bali, proses bertani, trekking di sawah, bersepeda bahkan hingga menunggang kerbau sambil membajak sawah! Bagi kamu yang ingin pergi ke Bali namun bosan dengan hal yang itu-itu saja, Rumah Desa bisa menjadi alternatif yang menarik buat kamu.

Tempat ini menawarkan keramahan khas masyarakat Bali yang luar biasa. Dapatkan pengalaman memasak yang senasional, dimana kamu akan diajarkan untuk memasak makanan khas Bali.

Di tempat ini pula kamu bisa menemukan panorama hamparan sawah yang sangat memukau. Para penduduk desa pun sangat ramah dan akan mengijinkan kamu untuk menunggang kerbau di sawah. Luar biasa bukan?

Tari Kecak

Tari Kecak

Tari Kecak merupakan tarian tradisional Bali yang sangat menghibur dan memberikan kesan mistis yang luar biasa. Dalam tarian ini, kamu akan melihat para penari menceritakan kisah Ramayana, dimana Rama berusaha menyelamatkan Sinta dari Rahwana.

Umumnya tarian ini digelar menjelang matahari terbenam sehingga menambah keindahan dan kemistisan suasana.

Pasar Mengwi

Pasar Mengwi

Pasar Mengwi adalah pasar tradisional Bali, dimana pasar ini dibuka pada pukul 4 pagi hingga 8 pagi. Pasar ini merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati suasana lokal, dimana para masyarakat melakukan transaksi jual beli sehari-hari.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai sayuran dan buah segar, hingga ke aneka cemilan yang sangat menggoda untuk dicoba.

Hal yang menarik untuk diketahui adalah masyarakat Bali tidak perlu untuk membayar pajak untuk menjual produk mereka. Mereka cukup memberikan persembahan kepada para dewa sebagai simbol ketaatan mereka. Jenis persembahan tergantung dari apa yang umumnya mereka konsumsi sehari-hari, seperti rokok, ikan, dupa dan lain sebagainya, disertai dengan aneka bunga. Konon persembahan ini juga akan mejauhkan mereka dari roh-roh jahat dan hal yang tidak baik.


Sumber gambar: thetravelintern.com

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!