1 Month, 1 Week ago

10 Kuil Budha Paling Indah di Dunia

Di antara abad keenam dan pertengahan keempat Sebelum Masehi, agama Budha ditemukan di India. Dalam waktu yang cukup singkat, agama Budha segera menyebar ke seluruh anak benua Asia. Agama Budha pun memengaruhi praktik budaya, spiritual, seni dan arsitektur di negara-negara Asia.

Saat ini, sekitar setengah miliar orang di seluruh dunia mempraktikkan agama Buddha. Kuil-kuil Budha tradisional di seluruh penjuru dunia pun dibangun dengan mencerminkan gaya arsitektur daerah tersebut. Tahukah kamu bahwa seluruh kuil Budha ini dirancang untuk memfasilitasi refleksi dan meditasi yang tenang?

Tata krama di seluruh kuil Budha pun tergolong universal dimanapun Anda berada. Pengunjung harus melepas sepatu mereka di pintu, mengenakan pakaian yang menutupi lutut dan bahu, dan menjaga ketenangan.

Berikut kami rangkum 10 kuil Budha yang sangat indah dan tidak boleh kamu lewatkan ketika traveling.

Mahabodhi, India


Sumber: wikipedia.org

Kuil Mahabodhi adalah salah satu situs ziarah Buddhis paling suci dan telah berusia lebih dari 2,000 tahun.

Sebuah pohon Bodhi raksasa di sebelah barat candi utama dikatakan berasal dari pohon yang sama dengan pohon asli tempat Buddha mencapai pencerahan. Kelopak batu menandai jalan dimana dikatakan bunga lotus bermekaram di bawah kaki Buddha saat ia mondar-mandir dan bermeditasi.

Byodo-In Temple, Hawaii


Sumber: bontenca.com

Kuil ini dibangun dalam rangka merayakan 100 tahun masuknya imigran Jepang pertama ke Hawaii. Kuil ini dibangun di O’ahu’s Valley of the Temples dan dibangun sepenuhnya tanpa paku. Kuil ini merupakan replikasi dari Kuil Byodo-In di Kyoto.

Di dalam kuil ini, kamu akan menemukan Budha Amida emas setinggi lebih dari 3 meter. Berbagai fauna pun bisa ditemukan berkeliaran di halaman kuil, seperti burung merak, angsa hitam dan kura-kura. Terdapat juga kolam penuh degan ikan koi, dimana beberapa diantaranya dikatakan berusia hampir 100 tahun.

Wat Benchamabophit, Thailand


Sumber: iloveholiday.com

Kuil ini selesai dibangun di tahun 1911 dan seluruhnya terbuat dari marmer Carrara Italia. Kamu akan menemukan banyak jendela kaca yang melengkung dan menggambarkan Thai theppanom atau malaikat Thailand di tempat ini.

Kuil ini memiliki 52 patung Budha di setiap pilarnya, dimana hal ini menggambarkan keragaman ikon Budha dari masa ke masa.

Paro Taktsang, Bhutan


Sumber: wikipedia.org

Paro Taktsang di Lembah Paro Bhutan merupakan sebuah kuil yang berdiri di sisi tebing dan hanya dapat dicapai dengan pendakian yang agak curam. Pendakian ini akan membawa kamu melewati air terjun dan kedai teh Tibet dengan pemandangan yang indah sepanjang pendakian.

Menurut legenda, Padmasambhava, seorang guru yang membawa agama Buddha ke Bhutan, telah bermeditasi selama tiga tahun di gua-gua Paro Taktsang. Dikatakan Padmasambhava mencapai tempat ini dengan terbang menunggangi seekor harimau betina. Oleh karena itu, tempat ini memiliki sebutan "Sarang Macan" atau "Tiger’s Nest".

Bagan, Myanmar


Sumber: lonelyplanet.com

Sebelumnya, Bagan merupakan ibukota kerajaan, dimana tempat ini memiliki sekitar 10,000 bangunan dan arsitektur Buddha. Saat ini, hanya sekitar 2,000 bangunan yang tersisa, dibelah oleh jalan setapak berdebu. Di antara bangunan-bangunan tersebut, kamu akan menemukan Dhammayangyi yang terbesar di Bagan, hingga Shwezigon, sebuah kuil berlapis emas pertama di Myanmar.

Seiganto-ji, Japan


Sumber: smartrippers.com

Kuil ini terletak bersebelahan dengan air terjun tertinggi di Jepang. Seiganto-ji merupakan tempat perlindungan yang dikelilingi hutan bagi Tendai, sekolah Buddhis rasionalis.

Seiganto-ji juga merupakan perhentian dari dua rute ziarah yang berbeda: 33 Temples Saigoku Trail dan Kumano Kod? kuno, salah satu dari dua jalur ziarah yang ditunjuk UNESCO di seluruh dunia.

Gyeongbokgung Palace, South Korea


Sumber: thisiskoreatours.com

Gyeongbokgung Palace berasal dari dinasti Joseon dan pernah memiliki lebih dari 500 bangunan. Gyeongbokgung Palace terletak di taman yang rimbun, berada di antara pegunungan Bukansan dan kota Seoul.

Gyeongbokgung Palace memiliki banyak ruangan domestik, paviliun untuk menjamu tamu, kuil, tempat pemujaan, kolam teratai hingga ke taman yang sangat indah. Kamu juga bisa menemukan cerobong asap di atas istana, dimana cerobong ini merupakan peninggalan masa lalu. Cerobong ini mengalirkan asap dari ondol, sebuah sistem pemanas di bawah tanah yang sudah ada selama ribuan tahun.

Borobudur, Indonesia


Sumber: lonelyplanet.com

Kompleks candi Borobudur di Jawa Tengah merupakan candi Budha terbesar di dunia. Borobudur memiliki 3,000 patung relief, 72 stupa berkisi dan 504 patung Buddha. Seluruhnya disusun dalam bentuk lotus dengan latar belakang Pegunungan Menoreh.

Borobudur dapat didaki melalui pendakian sembilan tingkat dari tangga timur Borobudur ke stupa terakhir dengan jarak total sekitar tiga mil atau 4,8 kilometer.

Datsan Gunzechoinei, Russia


Sumber: wikipedia.org

Rusia memiliki sekitar 1,5 juta pengikut Budha. Di St. Petersburg, kamu bisa menemukan Datsan Gunzechoinei, salah satu kuil Budha paling utara di dunia.

Meskipun kini hanya digunakan sebagai tempat ibadah, sebelumnya kuil ini pernah dijadikan fasilitas untuk komunikasi militer, olahraga dan penelitian zoologi.

Di tempat ini kamu bisa menemukan roda doa tradisional Tibet, nouveau art hingga jendela kaca patri yang dirancang oleh seorang ahli mistis ternama asal Rusia, Nicholas Roerich.

Gangtey Monastery, Bhutan


Sumber: buthanpeacefultour.com

Gangtey Monastery atau Biara Gangtey adalah salah satu dari dua biara pusat sekolah Nyingmapa di Bhutan, dimana biara ini terletak di tengah-tengah lokasi penggembalaan domba dan yak. Kamu bisa menemukan burung dalam mitos simbol kecerdasan Budha, Garuda, diukir di sudut luar kuil.

Setiap bulan November, penduduk setempat berkumpul di halaman kuil untuk menari dengan kostum bangau hitam dan putih, menyambut bangau hitam yang bermigrasi ketika musim dingin.

Tags:

Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!